Sukses

Hati-Hati, Nyeri Dada Penyakit Jantung Bisa Timbul Saat Mudik

Anda yang memiliki penyakit jantung harus berhati-hati apabila alami nyeri dada dalam perjalanan mudik.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan mudik kerap terasa melelahkan. Bahkan, bagi beberapa orang, hal tersebut bisa menimbulkan penyakit ketika sedang menuju ke kampung halaman. Salah satu yang harus diwaspadai muncul saat mudik adalah penyakit jantung.

Perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi bisa menjadi suatu hal yang fatal apabila orang dengan penyakit jantung tidak mampu mempersiapkan dirinya dengan baik.

Maka, orang dengan penyakit jantung harus berhati-hati apabila ingin melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi. Apalagi, jika dalam perjalanan mengalami perasaan nyeri dada.

"Misalnya lagi mudik nih tiba-tiba ada nyeri dada, coba diperiksa. Nyeri dada khas penyakit jantung itu ada di dada tengah. Bentuknya seperti ditusuk, berat terus menjalar ke lengan kiri, tangannya seperti kesemutan, terus tembus ke punggung," ujar kardiologis, dr. Ade Meidian Ambari, ketika ditemui Health Liputan6.com di Jakarta Barat. Ditulis Rabu (13/6/2018).

"Biasanya disertai dengan keringat dingin, basah, hati-hati serangan jantung."

Ade meminta orang dengan penyakit jantung agar selalu membawa obat-obatan pribadinya selama perjalanan mudik menuju kampung halaman hingga tiba di tujuan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergi ke Posko Kesehatan

Apabila merasakan hal tersebut dalam perjalanan, Ade menyarankan untuk segera pergi ke posko kesehatan yang tersedia.

"Posko kesehatan kan banyak sekarang. Di tol sudah ada, sudah belajar banyak dari yang lalu," kata dokter Anggota Departemen Keorganisasian Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) tersebut.

"Mereka yang pertama kali (kena serangan jantung)itu bahaya. Jadi harus cepat. Kita punya waktu cuma 12 jam untuk menyelamatkan otot jantung," ucap Ade.

Apabila Anda berada membutuhkan bantuan seputar informasi kesehatan maupun pertolongan, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menyarankan untuk menghubungi 119.

"Ada public safety center di 119 yang pusat komandonya nasional ada di Kemenkes. Artinya, bilamana kita memerlukan informasi atau ingin mengetahui, atau ada butuh pertolongan tekan saja 119. Jadi mereka punya cabang punya jaringan sebanyak 174 PSC yang sudah ada," kata Menkes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.