Sukses

Pasangan Kepo Mantan Pacar, Tanda Belum Move On?

Mengingat-ingat mantan pacar saat sudah menikah merupakan fenomena yang kerap terjadi seperti disampaikan psikolog berikut.

Liputan6.com, Jakarta Mengingat-ingat mantan pacar walau sudah menikah menurut psikolog klinis dewasa TigaGenerasi, Anna Dauhan merupakan fenomena yang sering terjadi. 

"Sebenarnya wajar. Karena masih ingin tahu kabar dari teman-teman lama, termasuk mantan pacar," kata Anna dalam pesan teks kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Hal yang perlu jadi perhatian bila masih ada reaksi emosi saat mendengar kabar terbaru dari mantan pacar. Jika ada reaksi senang atau sedih atau kecewa, biasanya menandakan masih ada masalah yang belum selesai dengan mantan kekasih.

"Mungkin diam-diam masih ada harapan, pertanyaan 'what if' dan kesedihan yang belum selesai diolah," kata Anna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda bahaya bila...

 

Bila seorang istri atau suami masih ingat atau mencari tahu tentang mantan pacar sampai memengaruhi hubungan suami istri, itu tanda bahaya. Misalnya, membandingkan pasangan dengan mantan.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya olah emosi-emosi yang masih muncul. Dengan bertanya pada diri sendiri apa yang membuat emosi marah/sedih/kangen/takut/senang muncul.

Lalu, bertanya juga pada diri sendiri apa masih ada yang perlu dimaafkan? Apa masih perlu melihat alasan dulu putus?

"Hal-hal ini perlu diselesaikan melalui refleksi dalam diri sendiri," pesannya.

Bila sudah selesai diolah, kata Anna, biasanya dorongan mencari tahu tentang mantan jadi berkurang. Dan, bila ada berita tentang sosok mantan reaksi yang diperlihatkan netral. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini