Sukses

30 Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Sehingga Percaya Diri Meningkat

Bau badan memang bisa membuat tidak percaya diri. Oleh karena itu lawan bau badan dengan cara alami ini.

Jakarta Walau tak terlihat, adanya bau badan yang tidak sedap bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Penampilan seseorang akan langsung berkurang kadar kerennya jika bau badan. Betul atau tidak?

Bukan Anda yang memiliki aroma bau badan tidak sedap dan menyengat tapi orang terdekat Anda? Tidak menyenangkan bukan berdekatan dengan seseorang yang memiliki bau badan tidak sedap dan menyengat? Pastinya.

Apa jadinya jika bau badan yang tidak sedap dan menyengat terjadi pada diri Anda sendiri tanpa Anda sadari? Iya tidak sadar. Karena memang karena kita sudah terbiasa dengan bau badan kita, maka kita sebagai pemilik tubuh sering tidak menyadari aroma tubuhnya sendiri.

Apa sih yang menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap dan menyengat?

Penyebab bau badan adalah kelenjar keringat. Semua orang tentu memiliki kelenjar keringat. Biasanya keringat tidak memiliki bau. Tapi jika melekat terlalu lama pada kulit bahkan sampai berjam-jam akan menimbulkan masalah bau badan. Selama keringat menempel pada tubuh, bakteri-bakteri yang secara alamiah ada di kulit akan berkembang biak dengan cepat sehingga bau badan menjadi tidak sedap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Keringat yang bau dihasilkan oleh kelenjar apokrin.

Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat di mana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Biasanya berada di tangan, punggung, dan dahi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

Sedangkan bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini letaknya jauh di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini ada pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Banyaknya sih di ketika karena ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat. Kelenjar akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Oleh karena itu timbul bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin sendiri baru aktif setelah pubertas.

Setelah Anda mengetahui apa yang menyebabkan bau badan tidak sedap dan menyengat, langsung saja Anda baca cara menghilangkan bau badan tidak sedap dan menyengat di bawah ini seperti yang dirangkum Liputan6.com (29/5).

Cara menghilangkan bau badan tak sedap secara alami

Kepercayaan diri Anda berkurang karena banyak orang yang berkata bahwa bau badan Anda tidak sedap dan menyengat? Ternyata ada banyak cara lho untuk menghilangkan bau badan tidak sedap dan menyengat yang menyebabkan Anda menjadi tidak percaya diri.

3 dari 10 halaman

Cara menghilangkan bau badan dengan ramuan tradisional

1. Daun sirih

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

  1. Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya adalah:
  2. Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
  3. Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi
  4. Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut

Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan Anda akan segera menghilang.

2. Daun beluntas

Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meski tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun ini:

  1. Rebus daun beluntas hingga matang
  2. Minum air rebusan ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari

3. Daun kemangi

Minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan ada dalam kemangi. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik.

Caranya:

  1. Anda cukup memakannya sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore
  2. Namun jika Anda tidak menyukainya sebagai lalapan, Anda bisa menggunakannya sebagai teh.

Caranya:

  1. Jemur daun kemangi hingga kering
  2. Lalu tumbuk hingga halus, seduh dengan air panas lalu disaring
  3. Minum 2 kali sehari secara rutin

 

4 dari 10 halaman

4. Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan caranya adalah:

  1. Parut temulawak sampai halus
  2. Kemudian beri air sembari diperas
  3. Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya
  4. Minum air perasan temulawak tersebut

5. Bunga kecombrang

Tidak hanya daun sirih, bunga kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Zat-zat tersebut berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya.
  2. Lalu gunakan sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.

6. Jeruk purut

Kaya manfaat merupakan salah satu kelebihan jeruk purut. Meski asam jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium.

Caranya:

  1. Peras 1 buah jeruk purut kemudian campur dengan segelas air
  2. Minum 2 kali sehari secara rutin

7. Jeruk nipis

Tidak hanya jenis jeruk purut saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jeruk nipis juga tidak kalah bermanfaat lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini bisa Anda coba sebagai solusi mudah selanjutnya.

Cara mengaplikasikan jeruk nipis sebagai penghilang bau badan:

  1. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian.
  2. Oleskan pada ketiak anda, sama seperti mengaplikasikan deodoran pada ketiak Anda.

8. Jahe

Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri seperti sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

 

5 dari 10 halaman

9. Mentimun

Mentimun terdiri dari 95 persen air. Mentimun juga mengandung zat seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Caranya:

  1. Anda hanya perlu menggunakan ketimun sebagai masker pada ketiak.
  2. Gunakan dua kali seminggu secara rutin.

10. Cengkeh

Ramuan tradisional lainnya yang mengandung minyak atsiri adalah cengkeh. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Rendam bunga cengkeh dalam air panas hingga bunga mengembang
  2. Lalu minum airnya

Minum 2 kali sehari secara rutin, niscaya bau badan Anda akan menghilang.

11. Bawang putih

Aromanya yang menyengat membuat kita tidak suka dengan bawang putih. Padahal bawang putih berguna sebagai anti bakteri karena kaya akan anti oksidan. Yang membuat bau bawang putih menyengat adalah kandungan senyawa sulfur yang disebut allicin.

Untuk pemakaiannya sebagai cara penghilang bau badan adalah:

  1. Haluskan 3 siung bawang putih, lalu oleskan pada ketiak
  2. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih

12. Cuka

Kandungan asam dalam cuka malahan akan membantu untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan.

Caranya:

  1. Teteskan cuka pada kapas
  2. Lalu oleskan pada ketiak, gunakan sama seperti deodoran

 

6 dari 10 halaman

13. Daun jambu biji

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimakan, daun jambu biji juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan bau badan. Kandungan mineral dan anti-bakteri pada daun jambu biji akan membunuh kuman penyebab bau badan.

Caranya adalah:

  1. Tumbuk halus 3 lembar daun jambu biji
  2. Lalu oleskan pada ketiak
  3. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih

14. Baking soda

Baking soda dipercaya sebagai penghilang bau badan karena dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

Caranya adalah:

  1. Campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis, lalu oleskan pada ketiak
  2. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat
  3. Lakukan sehari sekali secara rutin

15. Cuka apel

Asam tartar yang ada dalam apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asem asetat juga adalah dalam cuka apel. Asam asetat ini berfungsi sebagai antimikroba.

Caranya:

  1. Oleskan cuka apel menggunakan kapas pada ketiak
  2. Diamkan selama 15 menit lalu bilas
  3. Setelah itu mandi

Gunakan setiap sebelum mandi

16. Bunga rosemary

Tambah lagi satu tumbuhan yang mengandung minyak atsiri sebagai cara menghilangkan bau badan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan herbal, bunga rosemary juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau badan yang efektif. Ada dua cara mengaplikasikan rosemary sebagai penghilang bau badan:

Pertama adalah dengan mengoleskan langsung minyak esensial rosemary pada ketiak.

Kedua adalah dengan mandi menggunakan air rebusan bunga rosemary.

7 dari 10 halaman

Cara menghilangkan bau badan dengan pola hidup sehat

17. Mandi 2 kali sehari

Anda termasuk orang yang jarang mandi? Sebaiknya jangan diteruskan. Hal tersebut akan membuat bakteri penyebab bau badan akan semakin berkembang tak terkendali. Dengan rutin mandi 2 kali sehari, efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau badan.

18. Hindari makanan penyebab bau badan

Selain menjaga kebersihan badan dengan mandi 2 kali sehari. Anda juga harus mengatur makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang malahan akan menyebabkan bakteri penyebab bau badan berkembang cepat. Macam-macam makanan penyebab bau badan adalah daging merah, alkohol dan kafein, makanan cepat saji, dan tembakau.

19. Mengonsumsi buah-buahan

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi bahwa buah-buahan memang menyehatkan bagi tubuh. Karena buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan tubuh agar berfungsi sempurna sehingga tidak akan ada lemak yang tertimbun yang kemudian malah menyebabkan berat badan bertambah dan bau badan.

20. Mengonsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya klorofil ampuh menghilangkan bau badan karena berfungsi sebagai deodorant alami.

21. Rajin minum air putih

Proses berkeringat akan semakin lancar dengan bantuan air mineral. Dengan lancarnya berkeringat, maka bakteri yang ada pada pori akan keluar juga dari tubuh. Minumlah minimal 8 gelas air mineral dalam sehari.

 

8 dari 10 halaman

22. Rajin olahraga

Olahraga memang menyebabkan Anda berkeringat. Namun dengan berolahraga maka keringat yang keluar akan membuang kuman dan bakteri yang ada pada pori-pori Anda.

23. Menyeka keringat dengan segera dan sering

Keringat berlebih dan menumpuk akan menyebabkan bakteri semakin senang untuk berkembang biak pada tubuh Anda. Oleh karena itu segeralah seka keringat Anda agar tidak menumpuk pada kulit.

24. Cuci pakaian dengan bersih

Baik pakaian yang baru Anda beli atau pakaian kotor harus Anda cuci dengan bersih untuk menghindari adanya bakteri maupun virus yang ada pada pakaian tersebut.

25. Ganti pakaian secara rutin

Anda malas mengganti pakaian agar cucian tidak menumpuk? Salah besar. Dengan semakin jarang Anda berganti pakaian maka bakteri yang bersarang pada kulit akan menempel pada pakaian dan berkembang biak dengan cepat.

26. Pakai pakaian yang dapat menyerap keringat

Anda malas menyeka keringat yang keluar? Maka gunakanlah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Hal ini agar bakteri tidak terus menempel pada tubuh. Pakaian yang dapat menyerap keringat adalah pakaian berbahan katun. Namun jangan lupa mencuci pakaian dengan bersih setelahnya.

9 dari 10 halaman

Cara menghilangkan bau badan secara medis

27. Menggunakan deodoran

Meski tidak dapat mengurangi keluarnya keringat, namun deodoran berguna untuk mencegah bau badan. Gunakan sebelum beraktivitas.

28. Menggunakan bedak

Banyak jenis bedak yang dapat digunakan sebagai pencegah timbulnya keringat pada kulit. Anda bahkan bisa menggunakan bedak bayi yang tentu saja manjur untuk mencegah keringat keluar. Bedak juga bisa jadi cara menghilangkan bau badan pada anak.

 

10 dari 10 halaman

29. Menggunakan antiperspirant

Antiperspirant mengandung bahan aktif yaitu zat alumunium yang dapat menghambat pengeluaran keringat. Sebelum beraktivitas jangan lupa gunakan pada ketiak.

30. Konsultasi dengan dokter

Jika semua cara yang telah dipaparkan di atas ternyata masih belum bisa menghilangkan bau badan Anda, maka sudah saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter agar penyebab bau badan serta cara menghilangkan bau badan yang efektif bagi Anda segera Anda ketahui sehingga bau badan akan segera menghilang.

Bau badan tidak sedap tak akan lagi datang jika Anda mengikuti beberapa tips di atas secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.