Sukses

5 Mitos Tidur Bayi yang Membingungkan Orangtua Baru

Hal keliru yang sering didengar orangtua baru berkaitan dengan tidur bayi. Mitos sekitar hal tersebut banyak membuat orangtua bingung.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak nasehat yang diberikan pada orangtua baru seputar kebiasaan tidur bayi. Tak sedikit yang percaya, beberapa masalah seperti misalnya anak harus tidur siang agar malamnya lebih nyenyak. Nyatanya, hal ini hanyalah mitos.

Lantas, apa saja yang perlu diketahui untuk mengetahui kebiasaan tidur bayi? Berikut ulasannya, seperti dilansir babycenter;

Mitos 1: Bayi yang baru lahir tidak membutuhkan rutinitas tidur

Menurut konsultan tidur dan penulis The Sleep Lady's Good Night, Sleep Tight, Kim Wes mengatakan bahwa ini jelas keliru.

"Bahkan bayi yang baru lahir perlu jadwal dan konsistensi di malam hari," kata Kim.

Mitos 2: Bayi bisa tidur sepanjang malam

Bayi bangun empat hingga lima kali semalam, sama seperti orang dewasa. Yang menarik, orang dewasa tahu bagaimana caranya untuk kembali tidur, tapi bayi tidak.

Mary Ann LoFrumento, penulis Simply Parenting: Understanding Your Newborn & Infant, mengatakan bahwa kebanyakan bayi sering kesulitan menenangkan diri saat mengantuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitos Seputar Tidur Bayi

Mitos 3: Anda bisa membuat bayi tidur sepanjang malam dengan memberikan makanan padat sedari dini

Banyak orang tua berpikir bahwa memberikan makanan padat sebelum tidur akan membuat anak tidur lebih lama karena kekenyangan. Tetapi Claire Lerner, penasihat orangtua senior di Zero to Three, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan kesehatan bayi dan balita mengatakan, hal ini justru bisa membahayakan bayi, khususnya bayi di bawah enam bulan. Sistem pencernaan bayi belum cukup matang untuk menerima makanan padat.

Mitos 4: Tidak apa-apa membiarkan bayi tidur di kursi goyang atau berayun

Membiarkan anak tidur dengan berayun memang dapat menenangkan bayi rewel, tetapi jangan biarkan menjadi kebiasaan.

Hal ini bukan hanya akan membuatnya terbiasa, tapi juga sulit tidur pulas di tempat tidur. Padahal kata Lerner, tidur nyenyak akan membuat otak mengirimkan hormon pertumbuhan dan perkembangan.

Mitos 5: Jika bayi Anda tidak tidur siang di siang hari, ia akan tidur lebih lama di malam hari

Melewatkan tidur siang dapat menyabotase tidur dan membuat bayi Anda kelelahan. Dan bayi yang terlalu lelah, mungkin sulit tidur di malam hari. Sebaliknya, bayi yang terlalu sering tidur, akan tidur lebih nyenyak dan bangun lebih awal, tidak terlambat, keesokan paginya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini