Sukses

Wahai Bunda, Ayo Lebih Percaya Diri Katakan Iya Boleh!

Bunda, ayo dukung balita Anda melakukan eksplorasi dan mengembangkan potensinya dengan lebih sering mengatakan 'iya boleh'

Liputan6.com, Jakarta Bunda, tahukah Anda kalau eksplorasi merupakan aktivitas yang begitu krusial untuk mendukung tumbuh kembang si kecil? Melalui eksplorasi, anak memiliki kesempatan untuk melatih kemampuan motorik, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengembangkan potensinya.

Namun, sering kali orangtua merasa khawatir membiarkan anaknya mencoba berbagai hal dan mengatakan 'tidak boleh'. Padahal, larangan tersebut bisa menghambat ruang eksplorasi dan perkembangan potensi mereka.

Orangtua pun diharapkan lebih percaya diri mengizinkan buah hatinya bereksplorasi. Jika orangtua percaya diri, maka si kecil juga akan percaya diri mencoba berbagai hal dan mengembangkan potensinya secara maksimal.

Menurut psikolog, Ratih Ibrahim, dukungan dan pendampingan orangtua, terutama ucapan 'iya boleh' dari sang Bunda, memegang peranan penting saat anak melakukan eksplorasi pertamanya.

"Eksplorasi adalah bagian dari tugas perkembangan si kecil. Ia butuh ruang yang aman dan kaya untuk berekplorasi, sesuai dengan usia perkembangannya. Momen paling pertama si kecil dimulai dari pengalaman eksplorasinya melalui dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium, dan rasakan," ujarnya saat menjadi narasumber konferensi pers peluncuran DANCOW Advanced Excelnutri+ Iya Boleh Camp, di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (24/4/2018).

Ratih melanjutkan, pengalaman tersebut merupakan momen luar biasa penting bagi perkembangan seluruh aspek kecerdasan anak yang kemudian menjadi fondasi pembentukan karakternya kelak.

Walaupun begitu, ia mengatakan bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan Bunda saat mengatakan 'iya boleh'. Pastikan bahwa aktivitas yang mau dicoba anak itu aman, orangtua terlibat dalam kegiatan eksplorasi anak, dan kegiatan yang mau dicoba itu sesuai dengan usia perkembangan anak sehingga ia merasa siap.

 

Kegiatan eksplorasi sendiri diutamakan untuk anak yang berusia lima tahun ke bawah. Menurut dokter anak, Bernie Endyarni Medise, usia lima tahun pertama anak merupakan masa yang sangat penting karena pertumbuhan otak lebih pesat dibandingkan tubuh.

Pada usia dua tahun, perkembangan otak anak sudah mencapai 80 persen otak orang dewasa. Otak anak kian berkembang antara 90 sampai 95 persen pada usia lima menuju enam tahun. Bernie mengatakan, pembentukan otak ini menjadi cikal bakal perkembangan kognitif dan motorik anak hingga dewasa nanti.

Namun, imbuhnya, orangtua punya tantangan tersendiri saat mendorong anak bereksplorasi.

"Kita ingin anak kita pintar, mengeksplorasi, dan melakukan kegiatan di luar rumah. Namun, 41,9 persen anak usia 1-4 tahun yang sering bermain di luar rumah mengalami infeksi saluran pernapasan dan 12,2 persen terkena diare," ucap Bernie.

Jadi, apa yang harus dilakukan orangtua? Ia mengatakan, orangtua perlu memberikan perlindungan dalam bentuk nutrisi. Orangtua dapat memberikan nutrisi berupa bakteri baik, seperti Lactobacillus Rhamnosus, yang telah teruji klinis mampu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bakteri baik tersebut dapat ditemukan salah satunya di susu DANCOW Advanced Excelnutri+. Susu ini juga mengandung pangan inulin yang bermanfaat untuk pemenuhan gizi anak.

Iya Boleh Camp

Tak hanya memberi pemenuhan nutrisi, DANCOW Advanced Excelnutri+ juga mendukung si kecil bereksplorasi dan mendorong kepercayaan diri sang bunda melalui acara DANCOW Iya Boleh Camp. Kegiatan ini akan berlangsung di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 28-29 April 2018.

Di sana, si kecil bisa mencoba tujuh booth eksplorasi yang terdiri dari Jemari Melukis, Tembikar Ria, Petualang Kecil, Pahlawan Cilik, Penjelajah Hutan, Prajurit Bakteri Baik, dan Teater Fauna. Seluruh booth ini dirancang untuk mengasah kemampuan psikomotorik, perhatian, bahasa, memori, dan penyelesaian masalah.

Dalam acara tersebut, orangtua juga dapat berdiskusi dengan DANCOW Parenting Center Expert dan orangtua lain yang menginspirasi.

DANCOW Iya Boleh Camp akan diselenggarakan di 50 kota di Indonesia, seperti Surabaya, Semarang, dan Bandung. Yuk, Bunda ajak si kecil bersenang-senang di sana dan jangan lupa katakan 'Iya Boleh' ya!

 

 

(ADV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.