Sukses

Selain Rabies, Ini 4 Penyakit yang Ditularkan Hewan Peliharaan Anda

Liputan6.com, Jakarta Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, memang kerap menjadi sahabat terbaik sebagian orang. Hal yang sangat menyenangkan ketika anjing dan kuncing peliharaan meringkuk manja di hadapan Anda. Namun demikian, hewan tersebut pun dapat menderita penyakit yang dapat menular pada manusia, salah satunya rabies.

Penyakit ini umumnya disebut sebagai anjing gila, yaitu penyakit yang menyerang otak dan sistem saraf manusia, yang disebarkan melalui gigitan anjing. Dilansir dari Natural News, Rabu (11/4/2018), penyakit ini sangatlah berbahaya, terutama bagi anak-anak.

Selain rabies, masih ada beberapa penyakit hewan peliharaan yang dapat menyerang Anda. Berikut adalah empat penyakit lainnya yang bisa ditularkan melalui hewan peliharaan Anda.

1. Kurap

Penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur mikroskopis yang juga menyebabkan penyakit kaki atlet. Gejala yang akan muncul pada hewan peliharaan Anda yaitu rambut rontok pada kulit yang berbentuk melingkar. Umumnya, area tersebut terasa bersisik dan gatal. Kurap dapat disembuhkan, namun dapat menimbulkan bekas luka.

2. Diare dan kram perut

Memegang dan memberi makan hewan peliharaan dapat membuat Anda terkena diare dan kram perut. Hal ini karena hewan peliharaan Anda memiliki bakteri salmonella yang hidup di usus mereka. Ketika masuk ke dalam tubuh, selain diare dan keram perut, Anda akan mengalami infeksi gastroenteritis dan demam tifoid. Oleh sebab itu, biasakan untuk mencuci tangan setelah memegang dan memberi makan hewan peliharaan Anda.

 

Saksikan juga video berikut ini :

 

2 dari 2 halaman

Penyakit yang ditularkan kucing ini serang wanita hamil

3. Toksoplasma

Penyakit yang menyerang ibu hamil ini disebabkan oleh parasit yang dapat ditemukan pada feses kucing. Jika terinfeksi, akibatnya janin akan mengalami komplikasi akut.

Oleh sebab itu, bagi para wanita hamil, sebaiknya rajin mencuci tangan dan hindari sayuran hasil kebun yang tidak dimasak dan tumbuh di tempat yang biasa didatangi kucing.

4. Penyakit Cat-Scratch

Penyakit berbahaya lainnya yang ditularkan oleh hewan peliharaan adalah cat-scratch. Penyakit ini disebabkan oleh cakaran atau gigitan kucing yang biasanya dialami oleh anak. Cakaran dan gigitan ini dapat berkembang menjadi infeksi dan menimbulkan efek rasa sakit yang luar biasa. Selain pada anak, infeksi ini dapat berakibat fatal bagi lansia, ODHA (orang dengan HIV-AIDS), dan mereka yang sedang menjalani perawatan medis seperti kemoterapi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur