Sukses

7 Bukti Fisik dan Batin Terasa Lebih Baik Setelah Menangis

Liputan6.com, Jakarta Menangis tidak hanya melepaskan beban batin yang dirasakan. Namun, hal itu punya manfaat kesehatan lain, terutama bagi fisik dan emosional.

Tindakan itu memungkinkan Anda untuk menunjukkan emosi dan mendapatkan kendali atas hal tersebut. Dilansir dari Step to Health, pada Senin (9/4/2018) ada tujuh manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari menangis.

1. Membuat Perasaan Lebih Baik

Dengan menangis, Anda akan merasa lebih bebas dan lebih stabil secara emosional. Hal ini karena sistem saraf parasimpatik aktif karena rangsangan kelenjar yang terletak di mata.

Stimulus ini mengirimkan perasaan positif ke seluruh tubuh. Karena itu, tangisan yang lama dan keras akan berakhir dengan rasa lega dan rileks.

2. Menghilangkan Hormon Berbahaya dari Tubuh

Menangis membuat tubuh menyingkirkan hormon adrenocorticotropic (ACTH). Jika hormon ini terkumpul secara berlebihan, Anda akan mengalami sindrom Addison. Sindrom ini membuat tubuh terasa sangat lelah, dan menyebabkan masalah glukosa rendah dan Depresi.

Menangis membuat hormon ini berkurang. Perasaan jadi lebih tenang dan lonjakan glukosa menjadi lebih terkontrol. Selain itu, efek ini dilengkapi dengan prolaktin, hormon yang ditemukan di air mata.

Prolaktin penting untuk kepuasan seksual, meningkatkan hubungan interpersonal, dan perasaan pada orang lain.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Mata Lembap dan Emosi

3. Mengalami Lebih Banyak Emosi

Menangis tidak selalu berkaitan dengan rasa sedih dan marah. Namun berhubungan juga dengan kebahagiaan, rasa syukur, dan ketenangan. Sehingga, dengan menangis memberikan Anda berbagai perasaan emosional.

4. Melembapkan Mata

Anda tidak perlu tetes mata buatan untuk melembapkan mata. Tubuh memiliki air alami yang bisa menjaga mata tetap basah. Hal ini bukan hanya terkait dengan emosi, tetapi dengan mekanisme hidrasi sederhana.

Menangis juga terjadi sebagai bentuk dari mekanisme pertahanan terhadap rangsangan tertentu seperti makanan pedas, bawang, debu, angin, dan mata kering.

Asupan cairan yang cukup juga membantu mata tetap lembap.

5. Membantu Terhubung dengan Orang Lain

Menangis mengembangkan empati Anda dan membantu untuk terhubung dengan orang lain.

Beberapa orang tidak menangis karena takut mengganggu orang lain. Namun, sesungguhnya menangis membawa Anda lebih dekat dengan mereka yang memiliki momen sama.

 

3 dari 3 halaman

Tekanan Darah

6. Membantu Untuk Lebih Maju

Beberapa batasan membuat kita sulit untuk menunjukkan emosi. Namun, tangisan dibutuhkan di beberapa kesempatan yang melibatkan luka emosional.

Ketika ini terjadi, berikan waktu pada diri Anda sendiri untuk menangis dan belajar menghadapi masa lalu. Dengan cara itu, diri kita menjadi lebih maju dan bertumbuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Menangis membuat tubuh terasa lebih rileks. Tekanan darah akan berkurang dan sirkulasi menjadi lebih baik.

Perhatikan setelah menangis, Anda pasti merasa tubuh jauh lebih ringan. Sehingga, menangis bukanlah pertanda kelemahan, tetapi punya manfaat kesehatan fisik dan emosional yang menyehatkan.