Sukses

Metabolisme Drop Saat 6 Kesalahan di Pagi Hari Ini Anda Lakukan

Liputan6.com, Jakarta Sibuknya waktu di pagi hari terkadang membuat kita tidak memikirkan apa-apa lagi. Sayangnya, beberapa hal ini mampu membuat metabolisme kita menurun. Turunnya metabolisme bisa memengaruhi kesehatan Anda.

Dilansir dari Step to Health pada Rabu (21/2/2018), 6 kesalahan aktivitas pagi hari ini ternyata mampu pengaruhi metabolisme tubuh.

1. Bangun terlalu cepat

Bangun pagi lebih cepat memberikan banyak manfaat. Anda punya lebih banyak waktu untuk sarapan atau berolahraga. Namun, ternyata hal seperti itu mampu memengaruhi metabolisme tubuh. Terutama jika mengurangi waktu tidur di malam hari.

Tidur kurang dari tujuh jam sehari mengaktifkan hormon rasa lapar dan stres. Ini membuat tubuh membentuk lemak. Untuk itu, ada baiknya buatlah tidur malam menjadi lebih efektif. Setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur tanpa terganggu.

2. Tidak cukup minum air putih

Minum air putih di pagi hari merupakan kebiasaan baik yang merangsang fungsi metabolisme sepanjang hari. Sehingga, penting bagi Anda untuk minum air putih di pagi hari.

Ini karena proses tidur, tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini menyebabkan ketika bangun, terkadang Anda akan merasa dehidrasi.

Sehingga, penting untuk minum air putih di pagi hari. Jika ingin memberi nutrisi lebih, ada baiknya meminum air hangat perasan lemon.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Sarapan

3. Melewatkan sarapan atau sarapan tidak sehat

Sarapan pagi merupakan hal penting untuk menjaga metabolisme. Meskipun begitu, ada beberapa orang melewatkannya untuk menghemat kalori. Padahal, penting bagi tubuh mendapatkan makanan berkualitas di pagi hari dan mengkonsumsi banyak sumber seperti: Protein, karbohidrat kompleks, serat, antioksidan, vitamin,mineral, dan asam lemak

Hindari juga beberapa makanan olahan, gula, dan lemak jenuh di pagi hari.

4. Telat sarapan

Seperti telah disinggung sebelumnya, sarapan penting untuk metabolisme. Namun, harus diketahui bahwa sarapan juga punya waktunya sendiri.

Untuk menghindari produksi hormon lapar berlebih, konsumsi sarapan sehat yang dianjurkan adalah satu jam setelah bangun tidur. Lewat dari itu mampu mengurangi kemampuan tubuh untuk membakar kalori dan mengubah lemak dan gula menjadi energi.

3 dari 3 halaman

Kopi dan berangkat kerja

5. Kopi yang tidak sehat

Kopi merupakan minuman pagi paling populer. Ini memberikan energi, serta membantu menyingkirkan kantuk di pagi hari. Namun, menambahkan gula, sirup, atau krim merupakan cara salah konsumsi kopi di pagi hari.

Yang paling baik di pagi hari adalah mengkonsumsi kopi hitam tanpa tambahan apapun.

6. Stres berangkat kerja

Macet dan lalu lintas yang padat memang membuat stres. Namun, ini juga membuat metabolisme Anda menurun. Ini karena tingkat kortisol menjadi naik dan bisa berlangsung sepanjang hari.

Ketika stres tidak terkontrol, ini bisa mencegah otot membantu memecah lemak. Sehingga, penting selama perjalanan menuju tempat kerja untuk tetap rileks dan menghindari situasi yang menyebabkan stres.