Sukses

4 Hal yang Dialami Tubuh Bila Tidur di Kamar Ber-AC Semalaman

Selain membuat kulit kering, tidak banyak yang tahu efek pada tubuh bila tidur dengan AC menyala semalaman.

Liputan6.com, Jakarta Tidur menggunakan pendingin udara alias AC semalaman kini sudah lazim dilakukan masyarakat di kota-kota besar. Suhu udara yang rendah membuat tidur sebagian orang jadi lebih nyenyak. Namun, tidak banyak yang tahu efek pada tubuh bila tidur dengan AC menyala semalaman.

Berikut, empat hal yang mungkin terjadi pada tubuh saat tidur dengan AC menyala seperti mengutip Times of India, Minggu (7/1/2018).

1. Rasa lelah

Setelah seharian berada di ruangan ber-AC, lalu di rumah dan tidur juga menggunakan pendingin udara bisa membuat tubuh terasa lelah. Ketika seseorang kurang menghirup udara segar, hal tersebut bisa membuat tubuh merasa kelelahan yang konstan.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah pernapasan

2. Masalah pernapasan

Hal ini berlaku pada pemilik rumah yang jarang membersihkan AC. Jika AC tidak dibersihkan bisa menjadi tempat berkembang biak bagi patogen seperti jamur dan bakteri yang bakal membuat masalah pernapasan.

 

3 dari 4 halaman

Sakit kepala

3. Sakit kepala

Suhu udara yang rendah bisa memicu sakit kepala dan sakit punggung. Pada sebagian orang, suhu udara yang dingin bisa menyebabkan nyeri pada sendi dan otot.

 

4 dari 4 halaman

Kulit kering

4. Kulit kering

Ketika AC menyala, berarti kelembapan udara berkurang. Nah, hal ini membuat kulit menjadi kering.

"Jika kulit tidak terlindungi (kurang minum air atau tidak memakai pelembap), kondisi yang kering bakal memengaruhi hingga lapisan kulit terdalam yang bisa menyebabkan rasa gatal. Dan memperparah orang yang memiliki gangguan kulit," kata dokter spesialis kulit, Rajan TD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini