Sukses

Memar? Lakukan Ini agar Cepat Hilang

Liputan6.com, Jakarta Semua orang mungkin pernah mengalami memar atau lebam. Tak jarang, memar muncul tanpa disadari.

Sibuk dengan kegiatan sehari-hari, terkadang kita tidak menyadari telah mengalami benturan atau tubrukan ringan. Bisa lutut membentur meja, pinggul menghantam lemari, dan kecelakaan kecil lainnya yang bisa menyebabkan kulit membiru.

Memar atau lebam muncul akibat darah mengalir keluar dari pembuluh darah kecil di bawah kulit, jelas Dr Dana Nader, MD, Direktur Medis Regional untuk MedExpress. Darah yang bocor ini menciptakan noda gelap yang kebiruan.

Dr Nader mengatakan, ketika Anda membentur sesuatu, bertindaklah secepatnya. Letakkan sekantong es batu atau kompres dingin di area memar untuk mengurangi bengkak.

Kompres dingin ini akan menahan pembuluh darah, memperlambat aliran sehingga bisa mengurangi warna memar. Lakukan hal ini selama 10 menit, lalu beri jeda 20 menit, dan lakukan lagi.

Lalu bagaimana jika memar terlambat disadari?

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Memar telat disadari

"Jika bengkaknya sudah hilang, Anda bisa menggunakan kompres hangat--yang memiliki efek kebalikan dari kompres dingin," ujar Dr Nader. "Pada tahap ini, suhu hangat akan meningkatkan aliran darah di area, membuatnya tidak menumpuk di satu tempat."

Dr Nader mengingatkan, jangan menekan memar atau mengeluarkan darah di bawah kulit. Hal ini tidak terbukti efektif dan bisa menambah sakit dan memar.

Biasanya memar akan hilang dalam lima sampai tujuh hari. Jika Anda menyadari rsa sakit atau ngilu yang tak hilang-hilang, temui dokter. Ini bisa jadi Anda memiliki luka dalam.

Begitu juga jika Anda terus mengalami memar tanpa tahu sebabnya. Temui dokter karena hal ini bisa jadi tanda sesuatu yang lebih serius. Melansir Reader's Digest, Minggu (17/12/2017).

 

Saksikan Live Streaming Fashion Nation 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ini Penyebab Sakit Kepala Usai Melahirkan
Artikel Selanjutnya
Ternyata Ini Penyebab Sakit Kepala Sesudah Melahirkan