Sukses

Kemkes Gelar Operasi Katarak Gratis, Cek Jadwalnya

Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan TNI dan Perdami menyelenggarakan Operasi Katarak gratis

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan TNI dan Perdami menyelenggarakan operasi katarak gratis di 8 provinsi dan 25 Kabupaten/Kota gratis.

Kegiatan ini dilaksanakan pada kurun waktu 23 November hingga 9 Desember 2017. Adapun pelaksaannya di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, NTB dan DKI Jakarta.

Seluruh operasi dilakukan di rumah sakit tentara, kecuali di Sulawesi Selatan operasi dilakukan di RSUD Bone RSU Enrekang dan RSU Gowa.

"Operasi ini merupakan rangkaian kegiatan upaya percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak di Indonesia dan mengatasi backlog kasus katarak di Indonesia guna mewujudkan Vision 2020", terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Oscar Primadi melalui keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (30/11/2017).

Oscar menambahkan, masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini. "Untuk pendataan dan penjaringan masyarakat (yang ingin operasi katarak) dapat menghubungi Babinsa dan petugas Puskesmas setempat. Selanjutnya akan di periksa lebih lanjut."

 

Simak video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi operasi katarak

1) Prov. Sumatera Barat dilaksanakan tanggal 23 – 26 November di Kota Padang dan Kota Pesisir Selatan

2) Prov. Sumatera Selatan dilaksanakan tanggal 23 – 26 November di kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin

3) Prov. Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal 23 – 26 November di kota Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya

4) Prov. Jawa Tengah dilaksanakan tanggal 23 – 29 November 23 dilakukan di Kota Semarang, Kota Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas dan Salatiga

5) Prov. Jawa Timur dilaksanakan tanggal 27 November – 4 Desember dilakukan di kabupaten Malang, kota Malang, Kota Surabaya, kota Sidoarjo, Kabupaten, Jember Kabupaten Kediri

6) Prov. Nusa Tenggara Barat dilaksanakan tanggal 30 November – 4 Desember dilakukan di kota Mataram dan kabupaten Sumbawa

7) Prov. Sulawesi Selatan dilaksanakan tanggal 30 November – 2 Desember dilakukan di kota Makassar

8) Prov. DKI Jakarta dilaksanakan tanggal 7 – 9 Desember dilakukan di Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.