Sukses

Pengobatan Setelah Digigit Hewan Penyebar Rabies

Anda bisa menerapkan cara yang tepat terhindari dari virus rabies setelah digigit hewan yang terinfeksi rabies.

Liputan6.com, Jakarta Hewan yang terinfeksi rabies bisa menularkan virus kepada manusia. Virus rabies ditularkan melalui cakaran atau gigitan.

Tatkala manusia terkena gigitan hewan yang terinfeksi virus rabies (biasanya anjing), ada cara menghentikan infeksi tidak terjadi.

Pertolongan pertama, cuci luka gigitan dengan baik, setidaknya selama 5 menit dengan air dan sabun, dikutip dari Review Online, Jumat (29/9/2017).

Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan menunggu gejala lain, seperti nyeri kepala dan demam, nyeri otot, takut air, dan kesulitan. Gejala ini menandakan virus telah berkembang dan mulai menyebar ke tubuh.

Ada pula cara lain berupa pemberikan suntikan. Orang yang terinfeksi virus rabies disuntik dengan imunoglobulin rabies--vaksinasi rabies pada manusia.

Cara ini menghentikan infeksi virus agar tidak berkembang di tubuh. Suntikan diberikan selama 14 hari (lima kali suntikan). Setelah digigit hewan yang terinfeksi, Anda bisa segera mendapatkan suntikan imunoglobulin rabies.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kematian akibat rabies

Rabies merupakan penyakit yang ditularkan virus dan terjadi di lebih dari 150 negara. Rabies yang ditularkan melalui anjing menempati 99 persen kasus rabies manusia. Diperkirakan 59.000 orang meninggal tiap tahun akibat penyakit ini, dilansir dari UN News Centre.

Dalam peringatan Hari Rabies Dunia, yang jatuh pada 28 September, Aliansi Anti Rabies Dunia berinisiatif mengakhiri kematian manusia akibat rabies yang ditularkan melalui anjing pada tahun 2030.

Kasus penyakit rabies ini menjadi prioritas bagi organisasi internasional, menurut badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pemberian vaksin pada anjing menjadi kunci dari rencana global tersebut. Vaksin pada anjing akan membuat anjing terhindari dari virus rabies. Hal ini bisa mengurangi risiko manusia terinfeksi virus rabies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit infeksi virus yang disebarkan oleh gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi.

    Rabies