Sukses

Cara Terbaik dan Termudah untuk Mendetoks Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda terbiasa menghubungkan proses detoks dengan diet jus buah selama 7 hari, maka sekarang waktunya untuk berhenti mempercayainya. Proses detoksifikasi tidak mengharuskan Anda untuk melakukan perubahan diet yang ekstrem. Ini karena tubuh pada dasarnya sudah bisa mengeluarkan racun dengan sendirinya.

Membersihkan tubuh bisa dilakukan dengan memakan makanan yang akan membantu usus menyaring dan minum cukup air untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Ini agar tubuh bisa mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak diinginkan.

Melansir Health, Rabu (23/8/2017), berikut enam kebiasaan sehat yang akan membantu Anda detoks tubuh:

1. Makanan anti-inflamasi

Makanan lengkap kalori adalah pilihan terbaik untuk membersihkan tubuh. Makanan yang kaya serat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan, serta biji-bijian, gandum utuh, dan probiotik bisa membantu fungsi lever dan usus untuk mengeluarkan racun.

Cobalah untuk menghindari makanan berproses, digoreng, dan makanan manis serta daging merah untuk mendapatkan perut yang lebih rata.

2 dari 4 halaman

2. Pilih minuman yang tepat

Alkohol tentunya adalah jenis minuman yang harus dihindari saat ingin mendetoks tubuh. Selalu pilih air putih karena bisa menghidrasi tubuh, sehingga membantu ginjal mengeluarkan racun.

Cobalah untuk menambahkan lemon ke dalam air putih Anda sebagai tambahan elektrolit. Buah-buahan sitrus ini akan memberi sinyal pada lever untuk memproduksi lebih banyak enzim.

Jika bosan dengan air putih, Anda bisa beralih ke teh. Teh hijau telah terbukti bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Sedangkan susu juga bisa mendongkrak fungsi hati.

3. Bergerak

Berkeringat akan membantu tubuh melakukan detoks karena akan mendongkark sirkulasi tubuh. Terlebih lagi, olahraga juga bisa membuat Anda merasa lebih tidak stres, lebih bahagia, dan berenergi.

3 dari 4 halaman

4. Makan dalam porsi lebih kecil dan lebih pelan

Makanan dengan porsi besar bisa membuat kembung. Hal ini akan memaksa sistem pencernaan untuk kerja lembur.

Pilihlah porsi makanan yang lebih kecil, tapi makan lebih sering. Usahakan untuk makan dalam tempo lebih lambat untuk mencegah Anda menenggak udara sambil menelan makanan.

5. Rawat kulit

Terapkan perawatan kulit cerdas ini: gosok kulit menggunakan sikat lembut sebelum Anda mandi. Eksfoliasi lembut ini akan meningkatkan sirkulasi dan produksi sel baru.

Menambahkan garam Epsom ke dalam air mandi juga bisa membantu membersihkan tubuh dari luar dan dalam. Ini karena kulit akan menyerap mineral seperti magnesium, yang bisa meningkatkan fungsi usus besar.

4 dari 4 halaman

6. Tidur nyenyak

Mendapatkan waktu tidur yang cukup adalah kunci untuk menjaga kesehatan. Untuk mendapatkannya, jaga kamar dalam suhu dingin, gelap, tenang, dan bebas layar monitor.

Tentukan waktu tidur standar yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan waktu tidur setidaknya 7 jam semalem.

Cukup istirahat akan membantu mengurangi stres dan inflamasi tubuh sehingga bisa mendapatkan fungsi terbaiknya.