Sukses

4 Mitos Seputar Keputihan yang Harus Disingkirkan

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari Klikdokter.com menyebutkan mitos seputar keputihan yang harus disingkirkan.

Liputan6.com, Jakarta Keputihan sudah menjadi masalah kewanitaan yang paling umum. Meski dapat dicegah, namun keputihan yang disertai dengan keluhan gatal dan bau harus diwaspadai.

Sayangnya pemahaman terkait keputihan khususnya di Indonesia masih diselimuti oleh sejumlah mitos. Seperti dikatakan dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari Klikdokter.com, berikut mitos keputihan yang harus segera wanita singkirkan.

Mitos 1. Nanas sebabkan keputihan

Faktanya, keputihan sama sekali tidak ada hubungannya dengan nanas. Resthie mengatakan, nanas merupakan buah tinggi serat dan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Mitos 2. Mentimun sebabkan keputihan

Beberapa wanita percaya jika timun dapat memicu terjadinya keputihan. Namun Resthie mengatakan mentimun tidak menyebabkan masalah kewanitaan ini, dan justru baik untuk dikonsumsi, karena tinggi serat, air, vitamin B dan vitamin K.

Mitos 3. Sabun khusus vagina mampu mencegah keputihan

Resthie menjelaskan penggunaan cairan pencuci vagina atau sabun khusus (vaginal douching) yang berlebihan dapat mengubah keasaman vagina dan menurunkan jumlah bakteri baik pada vagina. Akibatnya, bakteri jahat yang hidup di area kewanitaan akan lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Mitos 4. Keputihan akan hilang dengan sendirinya

Keputihan yang normal, akibat perubahan hormonal, memang dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika keputihan yang terjadi akibat infeksi jamur atau bakteri, maka pengobatan spesifik diperlukan untuk penyembuhannya.

Menurut Resthie, keputihan akibat infeksi bakteri biasanya ditandai dengan adanya cairan putih berbusa dan berbau amis. Sementara, keputihan akibat infeksi jamur ditandai dengan cairan putih yang bergumpal dan terasa gatal dikutip dari Klikdokter.com, Minggu (13/8/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan terdiri dari dua macam, fisiologis (alami) dan patologis (kelainan).

    Keputihan

  • Wanita