Sukses

Terlalu Banyak Minum Kopi Bisa Bikin Payudara Terasa Nyeri?

Taraneh Shirazian, MD, dari Icahn School of Medicine mengatakan kopi bisa sebabkan payudara terasa nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Selain Premenstrual Syndrome (PMS), penyebab payudara terasa nyeri bisa terjadi akibat aktivitas fisik berlebihan sampai terlalu banyak mengonsumsi kopi.

Taraneh Shirazian, MD, asisten profesor kebidanan, ginekologi dan ilmu reproduksi dari Icahn School of Medicine,Mount Sinai, New York, mengatakan, nyeri payudara sangat berhubungan erat dengan siklus haid wanita. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri atau suplemen khusus yang diberikan oleh dokter.

Sementara, Shirazian menjelaskan, penyebab nyeri pada payudara bisa datang karena rutinitas yang terlalu berat seperti olahraga berlebihan. Gerak yang sangat kuat dan berat, khususnya berasal dari otot dada dapat membuat area tersebut tidak nyaman.

"Otot dan jaringan pengikat di bawah payudara sana sangatlah lembut, sehingga jika mendapatkan gerakan ekstrem akan membuat (payudara) nyeri," kata Shirazian dikutip dari laman Women's Health, Kamis (3/8/2017).

Selain itu, penyebab dari nyeri payudara bisa terjadi lantaran konsumsi kopi berlebihan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memotong kafein dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman, terutama bagi wanita yang memiliki jaringan payudara fibrokycstic (benjolan atau gumpalan pada payudara).

"Jika Anda punya kebiasaan minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari dan merasakan nyeri pada payudara, sebaiknya tanyakan kepada dokter," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.