Sukses

Sebelum Operasi Bibir Sumbing, Bayi Harus Pakai Alat Ini

Persiapan bayi sebelum operasi bibir sumbing menggunakan alat ini.

Liputan6.com, Jakarta Bayi yang menderita bibir sumbing (celah) harus segera ditangani untuk operasi. Persiapan operasi memerlukan beberapa alat, terutama alat khusus bernama Nasoalveolar Molding (NAM). Alat ini dipasang pada bibir sumbing agar membuat celah makin dekat dan rapat.

Menurut dr Kristaninta Bangun SpBP-RE (K), supervisor layanan Cleft & Craniofacial Center, RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, NAM termasuk alat untuk mempersiapkan operasi bibir.

"NAM membuat celah lebar, yang sumbing di bibir lebih dekat. Hasil operasi pun lebih baik. NAM ini juga menopang posisi hidung pasien yang sumbing agar tidak turun atau jatuh ke bawah--posisi hidung tidak rata," jelas dr Kris, panggilan akrabnya usai acara  Bulan Kepedulian Sumbing dan Kelainan Craniofacial Lainnya di RSCM Kencana, Jakarta, ditulis Jumat (28/7/2017).

Alat Nasoalveolar Molding (NAM) ini mempermudah operasi bibir sumbing. (Foto: Cleftopedia)

Pemakaian NAM sebaiknya dilakukan setelah bayi lahir demi mempersiapkan sang bayi operasi. Batas pemasangan NAM saat bayi berusia kurang dari enam minggu.

Kalau NAM dipasang saat bayi berusia lebih dari enam minggu, maka elastisitas bibir bayi sudah agak berkurang, lanjut dr Kris. 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.