Sukses

Waspadai 4 Tanda Gula Darah Meningkat

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia bisa memberikan sinyal dan pertanda mengenai kondisi yang sedang dialaminya. Salah satunya adalah tanda-tanda apabila gula dalam darah dalam kadar tinggi.

Namun terkadang, manusia tidak menyadari apa yang sedang terjadi dengan tubuh mereka. Padahal penting untuk mengenali tubuh sendiri demi memantau kesehatan.

Dilansir dari laman Step to health, Jumat (28/7/2017), berikut ini beberapa pertanda apabila tubuh mengalami peningkatan gula darah.

1. Mudah merasa lapar

Apabila Anda merasa lapar terus-menerus, ini bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik.

Jika seseorang memiliki gula darah tinggi, hal ini mencegah glukosa dilepaskan di sel tubuh orang tersebut.

Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan energi yang dibutuhkannya dan mendesak untuk terus meminta makanan. Inilah yang menciptakan sensasi kelaparan konstan.

2. Merasa sangat lelah

Saat kita mendapati tubuh merasa lelah, biasanya hal ini disebabkan oleh terlalu banyak bekerja atau masalah lainnya seperti anemia. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh kadar gula darah yang meningkat.

Saat gula darah meningkat, tubuh tidak dapat menghemat dan menyerap glukosa. Dengan demikian, energi tidak digunakan secara efisien, dan sel-sel tubuh tidak menerima jumlah makanan yang mereka butuhkan.

Akibatnya, orang tersebut merasa lelah meski tidak banyak melakukan aktivitas.

3. Sering buang air kecil

Seringnya buang air kecil merupakan salah satu gejala diabetes.

Jika kita memiliki gula darah yang sangat tinggi, ginjal akan terpengaruh dan mencoba menyeimbangkan konsentrasi glukosa dalam darah dan sel.

Selanjutnya, yang akhirnya terjadi adalah tubuh melarutkan darah dalam cairan intra-seluler. Hal ini membuat frekuensi kencing meningkat.

4. Berat badan turun dengan cepat

Jika kadar gula darah dalam tubuh seseorang tinggi, tubuh mudah kehilangan berat badan dalam periode singkat.

Hal ini bisa terjadi bahkan jika Anda banyak konsumsi makanan berkalori tinggi. Sebabnya, tubuh kehilangan banyak cairan karena sering buang air kecil. Ini akan membuat berat badan Anda turun.