Sukses

Hindari 4 Kebiasaan yang Mudah Sebabkan Kentut

Liputan6.com, Jakarta Mengeluarkan angin dari dalam tubuh atau kentut merupakan hal yang wajar. Namun, apabila kentut terjadi secara terus-menerus dan terlalu sering, tentunya membuat tidak nyaman. Apalagi jika kentut tersebut terjadi pada saat pertemuan penting atau di dalam lift.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang memicu kentut terjadi lebih sering. Dilansir dari laman Step to Health, Kamis (27/7/2017), hindari beberapa kebiasaan berikut yang menyebabkan lebih sering kentut.

1. Hindari makanan yang tidak cocok di tubuh Anda

Intoleransi makanan tidak boleh diabaikan karena selain menyebabkan perut kembung juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda berpikir Anda kebal terhadap alergi makanan, Anda perlu memikirkannya lagi, terutama saat Anda melihat perut Anda membuncit.

Misalnya, orang yang menderita intoleransi gandum tidak bisa mencerna gluten dan akibatnya mereka memiliki masalah pencernaan yang meliputi perut membesar dan kembung.

Apa solusinya? Pergi menemui dokter spesialis dan meminta tes sensitivitas makanan. Jika hasilnya positif, penting untuk memodifikasi diet Anda dan hindari makanan tersebut.

2. Kurangi makanan bersodium

Makanan yang diproses oleh pabrik dan mengandung sodium yang tinggi tidak memberikan manfaat kesehatan bagi perut.

Sodium merupakan salah satu penyebab utama retensi cairan dalam tubuh, yang menyebabkan perut kembung dan meningkatkan keinginan untuk kentut.

Solusinya, pilih makanan yang alami dan buatan rumah. Konsumsi lebih banyak buah, sayur, dan makanan yang rendah sodium.

3. Makan terlalu cepat

Ternyata penting untuk mengatur cara mengunyah makanan karena makan terlalu cepat dapat menyebabkan kita menelan udara tanpa sadar dan menyebabkan lebih mudah kentut.

4. Terlalu banyak konsumsi minuman berkarbonasi

Minuman bersoda yang segar sering kali dipilih untuk memenuhi hasrat dahaga saat haus. Namun, soda bukanlah pilihan terbaik bagi tubuh karena rendah nutrisi dan mengandung zat yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading