Sukses

5 Langkah Atasi Kesedihan Akibat Kematian Orang yang Dicintai

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan seseorang yang dicintai atau mendapat tempat spesial di hati karena kematian kerap meninggalkan duka tersendiri. Rasa kehilangan itu bahkan dapat memengaruhi kesehatan psikis dan fisik individu yang ditinggalkan. Bila kesedihan ini dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan masalah dalam kehidupan.

Masing-masing individu memang memiliki reaksi dan caranya sendiri menghadapi kesedihan. Penelitian menunjukkan, sebagian orang mampu pulih dari rasa kehilangan itu dengan sendirinya setelah beberapa waktu dan bila mendapatkan dukungan sosial serta melakukan kebiasaan sehat. Lamanya pun berbeda-beda bagi masing-masing orang. Ada yang berduka dalam hitungan bulan atau pun tahun.

Berduka kehilangan orang terdekat memang memerlukan waktu. Tapi penelitian juga menemukan, kondisi tersebut juga bisa menjadi katalisator bagi babak baru dalam hidup.

Mengutip laman APA atau American PSychological Association, berikut lima langkah yang bisa diambil untuk mengatasi kesedihan akibat kematian orang terdekat.

1. Bicarakan perihal kematiannya

Membicarakan kematian orang terdekat dengan teman-teman sekitar Anda membantu untuk memahami apa yang terjadi dan mengingat teman-teman serta keluarga Anda. Menyangkal hal itu hanya akan membuat Anda terisolasi dan menyulitkan orang-orang di sekeliling untuk membantu mengatasinya.

2. Terima perasaan sedih

Orang mengalami merasakan berbagai macam emosi setelah kepergian orang terdekat. Kesedihan, amarah, frustrasi, hingga rasa lelah yang muncul merupakan hal yang normal.

3. Perhatikan diri dan keluarga

Perhatikan asupan makanan dengan baik, berolahraga dan dapatkan kecukupan istirahat akan membantu Anda menjalani hari setelah kepergian orang tercinta dan melanjutkan hidup.

4. Kunjungi dan bantu orang-orang yang juga tengah kehilangan

Membantu orang lain akan membuat Anda merasa lebih baik terhadap diri sendiri. Berbagi kisah tentang mereka yang telah meninggalkan Anda juga membantu mengatasi kesedihan.

5. Kenanglah hal baik dari orang yang telah meninggal

Anda bisa memberi donasi pada badan amal yang disukai oleh anggota keluarga atau orang terdekat yang telah tiada. Anda pun bisa memajang foto saat menikmati masa indah bersama, atau memberi nama anak dengan namanya, serta menanam pohon untuk mengenangnya. Anda bisa memilih cara apa pun untuk mengingat sosok tersebut.

Bila perasaan sedih masih terasa sulit untuk diatasi, tak ada salahnya untuk menemui psikolog atau tenaga profesional lain yang mumpuni dalam bidang kesehatan mental.