Sukses

Saat Keputihan, Wanita Harus Rajin Ganti Celana Dalam

Saat keputihan wanita harus rajin mengganti celana dalam dan melakukan lima hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Keputihan merupakan kondisi yang pasti dialami semua wanita, tapi tak semua wanita bisa mengelola keputihannya dengan baik.

Menurut dr. Tiara Rahmawati dari Klikdokter, mengelola keputihan yang terjadi sebelum atau sesudah menstruasi harus sangat diperhatikan dengan seksama. Sebab salah merawatnya, keputihan bisa bertambah parah.

Berikut tujuh hal yang wajib dilakukan wanita saat mengalami keputihan.

1. Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab.

2. Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat.

3. Apabila ingin menggunakan panty liner, pilih yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari empat sampai enam jam.

4. Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan.

5. Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukan dari arah depan ke belakang menggunakan handuk.

6. Jika keputihan termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam. Sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan terdiri dari dua macam, fisiologis (alami) dan patologis (kelainan).

    Keputihan

Video Terkini