Sukses

Butuh Penyedot Debu Ini untuk Mencegah 4 Penyakit Kulit

Kita perlu memberi perhatian ekstra pada keberadaan debu di rumah yang kerap menjadi sumber masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Menganggap remeh keberadaan debu di rumah kita bukanlah ide yang bagus. Kita perlu memberi perhatian ekstra pada hal yang kerap menjadi sumber masalah itu. Kita bisa memiliki penyedot debu nanti, tetapi mari ketahui dulu 4 penyakit yang bisa menjangkiti kita jika terus-terusan ‘nakal’.

1. Jerawat

Jerawat berkaitan dengan kondisi tubuh kita sendiri, sekaligus apa yang kita terima dari luar—termasuk debu. Selain kotoran dari udara di jalan-jalan, jerawat bisa diberikan oleh debu yang ada di rumah kita.

Kronologinya: kita beraktivitas di luar, kulit menjadi lembap dan kotor, debu di rumah juga ikut menempel di kulit kita, lalu perlahan-lahan muncul-lah benjolan kemerahan yang berisi darah atau nanah itu.

Selain rutin membersihkan kulit kita setelah beraktivitas, kita juga perlu membersihkan rumah kita dari debu. Membersihkan dalam artian yang sebenarnya, termasuk mengelap perabotan rumah yang bisa menjadi sarang debu seperti kasur, mainan anak-anak, pigura-pigura, dan sebagainya.

2. Skabies

Jika kita memilliki kulit yang sensitif, perhatian kita terhadap kebersihan sebaiknya lebih tinggi dari orang kebanyakan. Tentu saja, itu kalau kita benar-benar tidak ingin memiliki masalah berupa penyakit kulit seperti skabies.

Skabies adalah penyakit kuli yang menciptakan rasa gatal luar biasa di kulit dan meninggalkan benjolan kecil putih-keabu-abuan kalau kita menggaruk bagian yang gatal itu. Penyakit kulit ini lebih disebabkan oleh keberadaan kutu bernama sarcoptes scabiei dan, layaknya apa-apa yang disebabkan kutu, penyakit ini menular.

Kulit kita mempunyai musuh lain, ya?

3. Eksim

Dibagi menjadi dua jenis—basah dan kering—, eksim merupakan penyakit kulit yang sukar disembuhkan jika sudah menjangkiti kita. Ia bisa hilang setelah meninggalkan bekas luka atau flek hitam, tetapi dapat kembali lagi. Semua bergantung pada kondisi kesehatan kita dan lingkungan.

Selain karena banyak faktor, eksim dapat disebabkan oleh debu. Debu yang ada di rumah kita, jika dibiarkan dan kebetulan kita memiliki kulit yang sensitif, dapat menyebabkan eksim kering yang membuat kulit terasa gatal, kemerah-merahan, dan kasar seperti bersisik. Mengerikan? Tentu saja.

4. Alergi Tungau

Jadi, ada hewan mikroskopis bernama tungau yang senang sekali dengan tempat-tempat lembap berdebu. Ia adalah penyebab alergi pada manusia, memberi gatal-gatal yang luar biasa, meskipun kita merasa sudah membersihkan tubuh dan rumah.

Soal membersihkan rumah, tungau bisa saja mengecoh kita. Tubuhnya yang tembus cahaya dan ukurannya yang cukup kecil untuk tidak kelihatan (meskipun sedang berkumpul) membuat kita kesulitan mengantisipasi. Padahal, di satu meter persegi karpet kita, bisa ada ratusan tungau debu.

Nah, sekarang kita tahu bahwa banyak penyakit kulit disebabkan oleh keberadaan debu dan organisme yang berdiam di dalamnya. Cara utama untuk mencegah semua penyakit itu, tentu saja, dengan pertama-tama membersihkan rumah kita dari penyebab-penyebabnya. Menyapu dan mengepel tidak cukup, kita butuh sebuah penyedot debu berkekuatan hebat untuk membantu.

Pilihan kita sebaiknya jatuh ke Twinbird Senstorm. Penyedot debu mungil berkekuatan turbo ini bisa kita gunakan untuk membersihkan rumah dan perabotan kita dari debu dengan maksimal. Membersihkan sampai ke sudut-sudut, membawa semua jenis makhluk mikroskopis yang mengancam. Dengan diskon dobel 35%+Rp100.000,-, produk unggulan ini bisa kita dapatkan di sini.



(adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini