Sukses

Sayang Film Kartun Berkurang, Padahal Baik untuk Kesehatan Kita

Jumlah film kartun yang tayang di televisi tidak sebanyak 10 tahun yang lalu. Semakin ke sini kian berkurang. Padahal, ada manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Sungguh disayangkan acara kartun di televisi berkurang. Selain mengedukasi, manfaat lain menonton acara kartun adalah mencegah munculnya rasa depresi.

Dengan kata lain, menonton kartun bikin mood penontonnya menjadi lebih baik.  

"Menonton teve bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi menonton acara yang membuat Anda tertawa, seperti acara kartun, dapat mengangkat beban yang dirasakan," ujar Dr David Rosmarin dari Center of Anxiety, New York dikutip dari situs VICE, Minggu (2/4/2017)

David juga melihat, menonton kartun dan acara-acara yang mengundang gelak tawa dapat menolong orang-orang yang punya rasa cemas berlebihan. 

Beri mereka tontonan semacam itu guna mengobati rasa cemas sehingga tidak menjadi depresi.

Sejalan dengan itu, psikoterapi bernama Dr Laurel Steinberg mengatakan bahwa kartun anak-anak sebenarnya dapat mengobati perasaan yang tengah hancur. Hal ini disebabkan karena tema yang diangkat dalam kartun memiliki gabungan tema tentang pertemanan, keluarga, dan kerjasama.

"Kartun dapat mengembalikan rasa optimis dan membuat seseorang lepas dari rasa cemas dan sedih sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik," katanya menjelaskan.

Steinberg percaya kemampuan problem-solving yang bisa ditemukan dalam kartun dapat meningkatkan keadaaan hidup seseorang menjadi lebih baik.

Walapun kartun dapat mengalihkan rasa depresi, stress, cemas, ataupun sedih, Rosmarin menjelaskan bahwa fungsi tersebut hanya berjalan dalam jangka waktu pendek.

Satu hal yang perlu Anda ketahui dari menonton kartun adalah, dapat membuat kita terhibur dan tertawa. Karena tertawa merupakan kegiatan yang dapat mengobati gangguan suasana hati.

Ketika suasana hati baik, rasa tegang dan stres pun hilang. Sehingga meningkatkan sistem imun dan menjauhi Anda serangan jantung.

Reporter: Aida Tifany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.