Sukses

Bolehkan Berolahraga Saat Wasir?

Liputan6.com, Jakarta Olahraga memberikan banyak manfaat kesehatan seperti kesehatan jantung, pernafasan, otot, hingga meningkatkan kekebalan tubuh dan membakar kalori. sayangnya, sebagian besar pasien wasir memiliki kendala untuk berolahraga.

Orang yang memiliki wasir tidak disarankan melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berkuda, bersepeda dan mendayung. Sebab, ketiga aktivitas tersebut dapat memberi tekanan ekstra pada daerah dubur yang memperburuk wasir.

Lalu, adakah olahraga yang aman untuk pasien wasir?

Mengutip laman Livestrong, Minggu (12/2/2017) lari di treadmill, berenang, dan yoga menjadi pilihan olahraga yang tepat bagi penderita wasir. Aktivitas fisik tersebut dapat meningkatkan otot serta memperkuat jaringan otot serta dubur, sehingga wasir tidak meradang.

Memperbanyak latihan pernapasan juga dapat meringankan wasir. Sangat tidak disarankan bagi penderita wasir melakukan olahraga yang berat seperti angkat beban. Bagi penderita wasir kronis disarankan meminta rekomendasi olahraga dari dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wasir, atau dalam bahasa medis disebut hemoroid, merupakan suatu kondisi dimana terjadi pelebaran dari pembuluh darah.
    Wasir
  • Olahraga