Sukses

Tips Mudah Memulai Hidup Sehat di Tahun Baru China

Tahun baru China atau Imlek merupakan saat yang tepat untuk mengembalikan keseimbangan kesehatan tubuh dan jiwa.

Liputan6.com, Jakarta Pengobatan tradisional China menitikberatkan pada keseimbangan kesehatan jiwa dan dan raga. Baik fisik, emosi, mental, dan spiritual harus terhubung selaras.

Tahun baru China atau Imlek merupakan saat yang tepat untuk mengembalikan keseimbangan kesehatan tubuh dan jiwa. Berikut empat caranya, dilansir dari laman Cleveland Clinic, Sabtu (28/1/2017):

1. Rayakan Imlek dengan makanan bernutrisi

Ada banyak sajian makanan lezat di setiap perayaan Imlek. Tak hanya lezat, makanan tersebut pun sebagian mengandung banyak gula dan kalori. Namun, Anda bisa memilih untuk memasak sajian lezat dengan bahan yang baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya, Anda bisa mengganti beras putih dengan beras hitam yang kaya antioksidan, memasak jamur shitake dengan cara sautee, dan menambahkan jahe serta bawang putih mentah sebagai bumbu.

2. Kelola nyeri dan stres

Penelitian lebih lanjut menemukan, akupunktur adalah pilihan pengobatan tanpa operasi dan tanpa obat yang efektif untuk mengatasi nyeri kronis. Akupunktur juga bisa mengatasi stres.

Selain itu, terapi akupresur juga bisa meredakan stres dan kecemasan. Misalnya, Anda bisa menekan atau memijat ringan titik di antara alis untuk memberikan efek menenangkan dan hidup lebih sehat.

3. Meningkatkan gerakan tubuh

Tai chi dan qi gong merupakan olah tubuh yang mengombinasikan gerakan dan napas dan berasal dari Tiongkok Kuno. Mempraktikkan olah tubuh tersebut secara rutin membantu menyelaraskan tubuh dan pikiran untuk membangun qi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nutrisi jiwa

4. Beri nutrisi jiwa Anda

Untuk memulai lembaran baru dalam perjalanan hidup Anda, kenalilah kembali diri sendiri dan luangkan waktu untuk terkoneksi dengan keluarga serta orang-orang terdekat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan:

- Matikan alat elektronik

Nikmati keheningan, bebas dari gangguan dering ponsel atau surel selama satu jam sehari. Ini penting dilakukan, terutama menjelang tidur malam. Dengan demikian Anda akan mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

- Tekuni kembali hobi lama

Entah itu melukis, memasak, atau lainnya, luangkan waktu untuk diri sendiri.

- Santai dan berkumpul bersama teman

Temuilah teman yang bisa menutrisi jiwa dan mendukung Anda. Meluangkan waktu untuk minum teh atau kopi, atau sekadar berjalan-jalan dengan mereka akan membuat Anda jadi lebih bahagia.

- Manjakan diri

Tak perlu menjajal perawatan diri super mahal untuk memanjakan diri. Ambil waktu sejenak untuk mandi air panas atau berendam, menghadiahi diri sendiri dengan hal-hal menyenangkan juga bisa Anda lakukan.

Jika Anda tak terbiasa memanjakan diri sendiri, Imlek tahun ini adalah waktu yang tepat untuk memulainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.