Sukses

Jangan Biarkan Nenek Kesepian agar Panjang Umur

Menghabiskan waktu bersama Nenek dan Kakek tak hanya membantu mereka lebih bahagia dan panjang umur, melainkan juga bermanfaat bagi kita.

Liputan6.com, Jakarta Studi menunjukkan, mengundang nenek untuk makan malam bersama berpotensi memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Penelitian di University of California menemukan, kesepian sering kali berperan besar dalam penurunan kualitas hidup manula.

Studi yang melibatkan 1.600 orang dewasa berusia rata-rata 71 tahun ini menunjukkan, kesepian secara menjadi penyebab tingginya angka kematian, terlepas dari status sosioekonomi serta kesehatan mereka. Hampir 23 persen partisipan yang kesepian meninggal dalam enam tahun masa penelitian, dan hanya 14 persen yang mendapat kehadiran teman.

"Yang kita perlukan dalam seluruh hidup kita adalah orang yang mengenal kita, menghargai kita, membawa kebahagiaan, yang tak pernah pergi," ujar Barbara Moscowitz, pekerja sosial senior yang mengurusi manula di Massachusetts General Hospital pada The New York Times.

Individu lanjut usia sangat menghargai ikatan hubungan dan seringkali mengharapkannya dari anak atau cucu mereka.

"Mereka cukup toleran terhadap kekurangan dan ketidakcocokan teman, lebih dibandingkan dengan individu dewasa muda," ucap Rosemary Blieszner, profesor pengembangan manusia di Virginia Tech.

"Anda akan lebih berpengalaman dalam berteman ketika Anda semakin dewasa. Anda tahu apa yang patut diperjuangkan dan tidak," lanjutnya.

Mengutip laman Cosmopolitan, menghabiskan waktu bersama Nenek dan Kakek tak hanya membantu mereka lebih bahagia dan panjang umur, melainkan juga bermanfaat bagi kita. Mereka terhindar dari kesepian dan mendapat teman mengobrol yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Sementara kita mendapat kisah, kehangatan pelukan, serta hal lainnya yang juga berguna bagi kehidupan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini