Sukses

Berapa Kebutuhan Serat Harian untuk Turunkan Berat Badan?

Serat layaknya benda magis untuk kebutuhan menurunkan berat badan yang bisa Anda dapatkan, ujar Keri Gans, RD, penulis The Small Change Diet

Liputan6.com, Jakarta Serat layaknya benda magis untuk kebutuhan menurunkan berat badan yang bisa Anda dapatkan, ujar Keri Gans, RD, penulis The Small Change Diet. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita tidak mendapatkan serat yang cukup.

"Rata-rata 25 hingga 30 gram setiap harinya yang harus didapatkan oeh para wanita," ujar Gans. Jumlah itu setara dengan 7 buah apel, atau 12 cangkir brokoli, atau 7 ½  cangkir oatmeal. Dan sepertinya Anda tidak memakan apel sebanyak itu dalam sehari, bukan?

Memenuhi kebutuhan nutrisi yang memadai melalui makanan utuh (bukan suplemen) dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena serat dicerna lebih lambat daripada karbohidrat. Dan jika Anda merasa kenyang dan terpuaskan setelah mengonsumsi makanan berserat yang menyehatkan, Anda akan lebih mudah menghindari godaan terhadap camilan manis setelah makan siang.

"Bagian terpenting pada diet Anda ini membuat sistem pencernaan Anda berjalan dengan lancar, jadi Anda tidak akan merasa kembung ataupun mengalami konstipasi. Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari  memasukkan serat pada diet Anda yaitu makanan yang aman untuk menurunkan berat badan seperti buah, sayuran, dan gandum utuh yang kaya akan serat," ujar Gans.

Jadi, daripada menghitung kalori yang masuk, mungkin lebih baik fokus mencukupi kuota kebutuhan serat harian Anda.

"Strategi terbaik adalah mendapatkan kebutuhan serat dari keseluruhan makanan dan camilan Anda selama sehari," ujar Gans. Seluruh makanan Anda harus mengandung serat paling tidak sebanyak 8 gram.

Gans menambahkan, untuk mencapai 30 gram per hari, cobalah untuk mengonsumsi buah pir atau setengah buah alpukat yang mengandung sekitar 6 gram serat. Sedangkan untuk meningkatkan asupan serat pada setiap makanan Anda, mulailah dengan mengonsumsi oatmeal, yang mengandung sebanyak 4 gram setiap cangkirnya, quinoa (5 gram per cangkir), dan barley (8 gram setiap ¼ cangkir) pada menu Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini