Sukses

Pria, Ini Cara Tingkatkan Testosteron Anda Seketika

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh Anda, lakukan suatu kompetisi bersama dengan orang asing, bukan dengan teman Anda, menurut sebuah studi dalam jurnal Human Nature.

Dalam studi, para peneliti menemukan bahwa tingkat testosteron pria melonjak lebih dari 30 persen ketika mereka memenangkan pertandingan domino. Mereka kemudian melakukan percobaan lain antar pria dan teman-temannya dalam berbagai jenis kompetisi lainnya, tetapi hasil menunjukkan bahwa pria yang mengalahkan atau dikalahkan oleh temannya, tidak berpengaruh pada tingkat testosteronnya.

Penelitian menjelaskan, tingkat testosteron meningkat sebagai sensasi hormonal atas kemenangannya. Ketika testosteron naik, maka otot Anda terstimulasi, selain itu koordinasi dan kemampuan mental meningkat, serta Anda akan merasa lebih percaya diri. Lalu saat memenangkan suatu kompetisi, tingkat testosteron akan melonjak untuk mempersiapkan diri Anda melawan penantang selanjutnya.

Namun mengapa tingkat testosteron tidak meningkat ketika Anda mengalahkan teman Anda?

“Membentuk koalisi atau kemitraan adalah strategi yang baik untuk bertahan hidup. Jika tingkat testosteron Anda meningkat setiap kali Anda berhadapan dengan sekutu, ikatan tersebut kemungkinan tidak akan berlangsung lama,” terang rekan penulis studi yang merupakan seorang antropolog di University of Missouri, Mark Flinn, Ph.D.

Meskipun masih awal, penelitian Flinn ini menyarankan jika pria bermain (atau bahkan menonton) suatu olahraga, di mana tim Anda melawan tim yang terdiri dari orang-orang yang tidak Anda kenal, maka ketika memenangkan kompetisi tersebut, tingkat testosteron Anda dan teman-teman Anda akan meningkat bersama-sama. 

Sedangkan memenangkan kompetisi non atletik di tempat kerja, seperti mengalahkan pesaing untuk sebuah kontrak atau pencapaian tertentu, juga dapat meningkatkan testosteron. Selain itu, testosteron juga akan cenderung naik ketika Anda berhasil memenangkan perhatian seorang wanita dari pria lainnya.

Jadi jika Anda khawatir mengenai kadar testosteron dalam tubuh, lebih baik segera turunkan berat badan, kurangi alkohol, dan ikuti tips-tips tersebut, seperti dilansir dari Menshealth, Sabtu (26/11/2016).

Loading