Sukses

Sering Ejakulasi Bisa Kurangi Risiko Kanker Prostat, Benarkah?

Sering ejakulasi dapat mengurangi risiko Anda memiliki kanker prostat, studi menunjukkan.

Liputan6.com, Jakarta Studi menunjukkan sering ejakulasi dapat mengurangi risiko Anda memiliki kanker prostat, studi menunjukkan. Riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Boston University of Public Health tersebut meneliti bagaimana frekuensi ejakulasi mempengaruhi risiko terkena kanker prostat selama 18 tahun.

Mereka menemukan bahwa pria usia 20 hingga 29 tahun yang ejakulasi sebanyak 21 kali atau lebih setiap bulannya ternyata mengalami penurunan risiko menderita kanker prostat sebanyak 19 persen, dibandingkan mereka yang jarang ejakulasi, antara empat dan tujuh kali per bulan.

Dan, bukan hanya pria muda saja yang mendapatkan manfaatnya, karena pria usia 40 hingga 49 tahun yang ejakulasi setidaknya 21 kali per bulan, juga mengalami penurunan risiko menderita kanker prostat sebanyak 22 persen, seperti dilansir dari laman Menshealth, Senin (21/11/2016).

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apa yang sebenarnya bertanggung jawab pada hubungan antara ejakulasi dan risiko kanker prostat. Namun mungkin membersihkan prostat secara rutin melalui ejakulasi bisa menurunkan kemungkinan infeksi tumor untuk berkembang di sana,” kata penulis studi, Jennifer T. Rider, Sc, D, MPH.

Untuk mencapainya, Anda tidak harus melakukan seks, namun juga bisa melalui masturbasi. Karena penelitian tersebut menunjukkan bahwa manfaat ejakulasi tersebut bisa didapat baik dengan cara berhubungan seks ataupun hanya dengan masturbasi saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini