Sukses

Vitamin D Bisa Sembuhkan Kanker Payudara?

Bagi wanita yang didiagnosis kanker payudara cobalah untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita yang didiagnosis kanker payudara cobalah untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Kabarnya vitamin D memberi peluang baik untuk bertahan, begitu juga dengan orang yang mempunyai tumor jinak, menurut penelitian baru.

"Secara keseluruhan kami menemukan penurunan 30 persen dari semua penyebab kematian terkait dengan tingkat vitamin D pada saat diagnosis," kata penulis utama studi, Song Yao, dari Roswell Park Cancer Institute di Buffalo, New York.

Para peneliti menggunakan data dari studi berkelanjutan pada perempuan California yang dimulai pada 2006 lalu. Perempuan yang mendaftar biasanya sudah dua bulan didiagnosis kanker payudara invasif, dan rata-rata peserta berusia 59 tahun. Mereka dievakuasi saat masuk studi, dan berkala sesudahnya.

Para wanita dibagi menjadi tiga kelompok dengan ukuran yang sama. Setiap kelompok sebanyak 520 peserta berdasarkan tingkat darah mereka sebagai penanda untuk vitamin D.

Peneliti menemukan tingkat rendah di antara perempuan yang belum memasuki masa menopause dan didiagnosis dengan kanker triple-negative, cenderung memiliki hasil yang lebih buruk dari jenis kanker payudara lainnya.

Lebih dari tujuh tahun masa tindak lanjut, sekitar 100 wanita dengan kadar vitamin D terendah meninggal dunia, dibandingkan dengan 76 wanita dengan tingkat tertinggi vitamin D, dilansir Foxnews, Minggu (13/11/2016).

Jaringan lebih kuat pada wanita menopause, di mana kadar vitamin D yang tinggi memberikan kesempatan yang lebih baik lagi yaitu tidak lagi kambuh kanker payudaranya, dan tidak mati karenanya.

Vitamin D melayani beberapa fungsi dalam tubuh, tetapi yang terbaik untuk membantu penyerapan kalsium di tulang. Selain paparan sinar matahari, sebagai salah satu sumber terbaik dari vitamin D, ikan berlemak seperti salmon atau tuna juga bisa menurut AS National Institutes of Health. Susu dan produk lainnya seperti sereal dan beberapa minuman yang ditambah dengan vitamin D juga bagus.

Orang harus mendapatkan 600 unit internasional (IU) vitamin D setiap hari dari usia satu hingga 70 tahun, dikatakan Institute of Medicine. Sementara orangtua harus mendapatkan 800 IU vitamin D setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.