Sukses

Wanita Aktif Butuh Asupan Protein yang Lebih

Liputan6.com, Jakarta Memenuhi kecukupan protein yang diperlukan tubuh tentu akan bermanfaat dalam membentuk sel dan jaringan tubuh serta membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Sayangnya tak semua individu masih sering kali melakukan kesalahan dalam pengonsumsiannya.

Melansir Fox News, ditulis Jumat (4/11/2016) setiap hari individu dianjurkan untuk menerima asupan protein sebesar 120-140 gram protein yang berasal dari telur, daging merah, daging ayam, dan ikan. Khusus wanita, mereka membutuhkan sekitar 40-50 gram per hari untuk membantu membangun dan mempertahankan masa otot mereka.

"Masalahnya adalah, kebutuhan setiap orang itu bervariasi. Pada wanita aktif ia membutuhkan protein yang lebih," kata Nutrition Twins, Tammy Lakatos Shames dan Lyssie Lakatos, RDN/CDNs dan penulis dari buku Nutrition Twins Veggie Cure.

Nutrition Twins mengungkap tiga kesalahan yang sering dilakukan wanita dalam memenuhi kebutuhan protein dalam dietnya.

1. Sering meremehkan kebutuhan

Wanita yang memiliki berat 55 kilogram ke atas membutuhkan setidaknya 46 gram protein sehari untuk menjaga tubuhnya.

"Anda bisa mendapatkannya dari 3 ons dada ayam yang menghasilkan 26 gram protein," kata Nutrition Twins.

Dua pakar nutrisi ini juga mengingatkan, bagi wanita yang memiliki berat badan lebih dan aktif, maka kebutuhan protein mereka akan lebih banyak lagi. Anda dapat menghitungnya secara ideal dengan mengkalikan berat badan Anda dalam kilogram dan kalikan dengan 0,8 protein (bagi wanita yang tidak aktif) dan 1,3 gram protein (bagi wanita aktif dan hamil). Sementara kalikan berat tubuh dengan 1,8 bagi wanita yang sangat aktif seperti gym teratur selama enam kali dalam seminggu.

2. Tidak semua protein bermanfaat sama

Meski banyak jenis makanan yang menawarkan protein bagi tubuh, namun Nutrition Twins mengatakan bahwa mereka semua memiliki manfaat yang berbeda.

"Protein dari susu membantu kontraksi otot dan tulang Anda. Sedangkan protein hewani memiliki manfaat yang lebih efisien untuk organ dalam tubuh," katanya.

3. Melewatkan protein setelah olahraga

Kebutuhan protein sama pentingnya dengan karbohidrat usai olahraga. "Ketika Anda berolahraga, serat-serat otot yang robek butuh diperrbaiki dengan asupan protein juga karbohidrat," kata Nutrition Twins.

Lakatos Shames menyarankan pada wanita untuk mengonsumsi makanan karbohidrat dan protein 30 menit usai latihan. Anda bisa mengonsumsi susu protein dengan beberapa potong buah.

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman