Sukses

Olahraga di Luar Vs di Dalam Ruang, Mana Lebih Baik?

Berolahraga di dalam ruangan tidak tergantung cuaca misalnya hujan, terik, berawan. Sementara kalau di luar ruang, amat berpengaruh.

Liputan6.com, New York- Olahraga sudah tentu memberikan seabrek manfaat bagi tubuh. Namun aktivitas yang satu ini kini tak terbatas dilakukan di luar ruangan (outdoor) saja, bisa juga dalam ruangan (indoor). Lari misalnya, ada yang bisa dilakukan dengan mengitari taman di kompleks rumah atau pilih dalam ruangan dengan treadmill.

Lalu, lebih baik mana, olahraga dalam atau luar ruang? Hal ini akan kembali ke masing-masing orang. Dan berikut perbandingan manfaat antara olahraga di dalam ruang dan luar ruang seperti dikutip Women's Health, Rabu (7/6/2017).

Produsen alat olahraga dan sistem fitness standar olimpiade, Technogym, kini meluncurkan treadmill MyRun di Indonesia.

Dalam Ruang (Indoor)

- Intensitas lebih baik
Berolahraga di dalam ruangan tidak tergantung cuaca misalnya hujan, terik, berawan. Sehingga seseorang bisa rutin berolahraga tanpa halangan dari alam.

- Hasil lebih baik
Ketika rutin berolahraga hal ini membuat banyak perubahan positif ke dalam tubuh seperti lemak berkurang dan sistem kardiovaskular lebih kuat.

- Motivasi berolahraga harus kuat
Jika berolahraga di luar ruangan, pemandangan yang disajikan berbeda hal ini membuat berolahraga tidak membosankan. Namun tidak terlalu banyak hal yang bisa memotivasi untuk tetap berlari di atas treadmill jika berolahraga di dalam ruangan.

Pada kondisi tertentu, keringat ternyata bukan ukuran apakah olahraga yang kita lakukan sudah benar atau belum.

Luar Ruang (Outdoor)

- Stres berkurang
Saat berolahraga tubuh memang menghasilkan hormon yang membuat bahagia, sehingga stres berkurang. Studi menyebutkan olahraga di luar terbukti membuat tingkat kecemasan menurun. Pemandangan pohon dan tumbuhan hijau bisa memberikan ketenangan dan menyingkirkan perasaan gelisah.

- Bisa bentuk kebiasaan
Perasaan yang menenangkan setelah berolahraga di luar ruangan itu bisa membuat semangat berolahraga. Jika Anda baru memulai sebuah program, mulai dari olahraga luar ruangan hingga aktivitas ini menjadi kebiasaan. Baru setelah itu berolahraga dalam ruang.

- Hujan
Cuaca yang tak mendukung akan jadi alasan absen berolahraga. Beda halnya dengan yang di dalam ruangan yang tak terganggu cuaca di luar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.