Sukses

Air Beras Perawatan Tradisional Rambut Lebat nan Indah

Penggunaan beras putih tak hanya untuk memberi energi dan mengenyangkan perut namun air dari rebusan beras dapat dijadikan perawatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta- Individu yang tinggal di Asia cukup akrab dengan nasi putih sebagai menu makanan pokok setiap hari. Namun ternyata penggunaan beras putih bukan hanya untuk memberi energi dan mengenyangkan perut, bahkan sebelum tanak menjadi nasi--air beras putih dapat digunakan untuk perawatan rambut alami.

Sejak zaman kuno, air beras putih telah digunakan sebagai perawatan menjaga kulit tetap kenyal serta membuat rambut tumbuh kuat dan mengkilap. Secara tradisional, petani padi wanita di Jepang bahkan menggunakan air beras untuk mandi. Dan di awal abad ke sembilan, wanita di istana kekaisaran Jepang mencetuskan penggunaan air beras yang difermentasi untuk menjaga rambut sehat, panjang, dan indah.

Dalam laman China Daily juga menunjukkan rahasia rambut wanita di desa Huangluo, Cina menggunakan air beras sebagai perawatan rumahan untuk menjaga rambut gelap, mengkilap dan sehat. Rupanya, air beras memiliki zat yang disebut inositol--terbukti mampu meningkatkan keelastisitasan rambut dan menyehatkan rambut.

Penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Chemists mencatat bahwa metode perawatan rambut tradisional terbaik dengan air beras. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak air beras baik untuk menjaga kesehatan rambut secara langsung.

Seperti dikutip laman Healthy and Natural World, ditulis Jumat (26/8/2016) cara tepat untuk menggunakan air beras sebagai perawatan rambut di rumah dengan cara--meneteskan minyak esensial yang sesuai dengan tipe rambut ke dalam air beras. Usapkan pada seluruh permukaan rambut usai rambut di keramas.

Berikan pijatan kecil lalu diamkan selama empat hingga lima menit dan basuh dengan air bersih. Lakukan satu kali atau dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini