Sukses

Begini Takaran Minum Kopi Harian

Liputan6.com, Jakarta Usai mengonsumsi kopi banyak individu merasa lebih berenergi dan berstamina. Kopi yang berkafein tinggi ini dapat merangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk sementara waktu. 

Satu cangkir kopi seduh yang mengandung 100 hingga 130 miligram kafein. Beberapa jenis produk kopi olahan bahkan memiliki 300 miligram kafein. Memang tidak ada takaran ideal untuk mengonsumsi kafein--namun berlebihan mengonsumsi kafein akan berefek buruk bagi kesehatan.

Mengutip laman Renegade Health, ditulis Jumat (5/8/2016) mengatur takaran konsumsi kopi per hari akan lebih baik untuk menjaga kesehatan tanpa risiko. Budaya mengonsumsi kopi cukup beragam--seperti penduduk Kuba hanya mengonsumsi satu cangkir kecil kopi sepanjang hari.

Sedangkan pada masyarakat Timur Tengah, budaya konsumsi kopi mereka dengan satu cangkir kecil dan cenderung memilih kopi aromatik. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa 250 miligram kafein sehari-hari terbukti tidak mempengaruhi risiko kesehatan.

Penelitian serupa juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi yang berasal dari biji kopi alami dapat membantu turunkan risiko kanker, penyakit jantung, tekanan darah, dan mencegah diabetes. Menurut para ilmuwan antioksidan yang kuat pada kopi adalah salah satu faktor yang bermanfaat terhadap kesehatan.

Loading