Sukses

Adakah Valak dalam Kehidupan Nyata?

Liputan6.com, New York- Kehadiran sosok makhluk halus berpakaian biarawati bernama Valak dari film The Conjuring 2 sukses membuat bulu kuduk penonton merinding. Bagaimana tidak, sosok Valak dalam film ini digambarkan sebagai hantu mengerikan, jahat, apalagi kehadirannya selalu mengagetkan.

Dalam film ini, sang sutradara James Wan menghadirkan sosok Valak setelah mengulang proses pengambilan gambar The Conjuring 2. James memiliki ide untuk menghadirkan sosok Valak setelah bercakap-cakap dengan Lorraine Warren asli. Lorraine pernah masuk ke dalam pusaran yang di dalamnya ada sosok berkerudung gelap. Ini menginspirasi James untuk menghadirkan Valak sebagai makhluk halus berpakaian biarawati.

Valak dalam film The Conjuring 2. Foto: via weekinweird.com

Namun, adakah Valak dalam kehidupan sesungguhnya? Menurut sebuah sumber dari kitab abad ke-17 bertajuk The Lesser Key of Solomon memang ada sosok yang disebut Valak (atau Ualac, Valac, Valax, Valu, Valic, Volac) seperti dikutip laman Week in Weird, Jumat (17/6/2016).

Dalam kitab tersebut diungkapkan Valak merupakan Great President of Hell atau Presiden Agung Neraka. Dikisahkan Valak merupakan salah satu tokoh yang memiliki pangkat tinggi di dunia iblis.

Mengenai tampilan, sosok Valak dalam kitab ini berbeda dengan yang ada di The Conjuring 2. Valak digambarkan sebagai seseorang yang sering mengendarai naga berkepala dua serta memimpin 30 legiun setan. Seringkali ia tampil sebagai sosok anak kecil bersayap.

Diceritakan kemampuan Valak bukan hanya mampu membuat Lego melayang atau salib di dinding terbalik. Sosok ini lebih mampu membuat hal-hal mengerikan lainnya.

Di zaman maju seperti sekarang, diungkapkan Valak masih sering dipanggil oleh praktisi magis untuk membantu mencari jawaban atas sesuatu. Sosok ini pun mau berbagi kekuatan dengan manusia yang memanggilnya.