Sukses

Tipe Anak yang Rentan Alami Penyakit Jantung

Hati-hati bagi anak yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes.

Liputan6.com, Jakarta - Satu dari tiga anak yang berasal dari keluarga pemilik riwayat penyakit jantung atau diabetes tipe dua amat rentan memiliki masalah dengan kolesterol di usia dewasa.

Sehingga besar kemungkinan mereka juga akan mengidap penyakit yang sama yaitu diabetes, jantung, hingga stroke. Temuan ini terlihat dari penelitian yang dilakukan oleh Institut Nasional untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan di Belanda.

Tidak semua kasus diabetes memiliki gejala yang jelas, seperti rasa haus tanpa henti, sering bolak-balik ke kamar mandi, dan rasa kebas.

"Dalam penelitian kami, sepertiga dari anak-anak memiliki riwayat keluarga yang kuat akan diabetes diketahui memiliki kadar kolesterol total dan rasio yang lebih tinggi dari kolesterol total HDL. Berbeda dengan anak-anak yang berasal dari keluarga bukan pemilik riwayat penyakit berbahaya tersebut," kata pimpinan penelitian, Nina Berentzen, dikutip dari Times of India, Rabu (1/6/2016).

Sebanyak 1.374 anak yang terdiri dari 704 perempuan, dan 670 laki-laki berusia 12 tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka merupakan anak-anak yang berasal dari keluarga positif diabetes.

Kasus serangan jantung yang dialami artis Irena Justine memperlihatkan anak muda pun rentan punya penyakit mematikan ini. Apa saja tandanya?

Setelah mengukur faktor risiko dari diabetes seperti BMI, lingkar pinggang, tekanan darah, dan kontrol gula darah, diketahui bahwa anak yang tergolong sehat sekali pun tetap berisiko terkena diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini