Sukses

Protein, Kunci agar Puasa Tahan Selama Seharian

Liputan6.com, Jakarta Pangan protein yang dikonsumsi saat sahur dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Beda ketika kita mengonsumsi banyak karbohidrat, belum ada setengah hari rasa lapar sudah menghantui.

"Hindari roti putih atau bubur nasi. Kalau mau konsumsi karbohidrat kompleks, kayak beras merah atau roti gandum yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama," kata Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah, MS. PhD ditulis Jumat (27/5/2016). 

Roti putih, nasi putih, atau makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi akan mempercepat turunnya gula darah sehingga mempercepat munculnya rasa lapar.

Protein memiliki fungsi yang berhubungan dengan jaringan dan otot. Meski menyimpan energi, protein tidak berfungsi sebagai cadangan makanan layaknya lemak. Protein telah sejak lama dikaitkan dengan kesehatan rambut, otot, saluran cerna, tulang, otak, jantung, dan kulit.

Ia juga mengingatkan agar tidak melupakan sayuran, buah-buahan, dan air putih. Kapan waktu terbaik mengonsumsi buah-buahan, Prof Hardin mengatakan, kapan pun waktunya baik asal tidak bikin kekenyangan.

"Nah, asupan terakhir yang masuk ke dalam mulut adalah air putih untuk meminimalkan dehidrasi yang dialami selama berpuasa," kata Hardinsyah menambahkan.