Sukses

Bikin Tenang dan Bahagia, 1 dari 5 Kehebatan yang Dimiliki Ibu

Kehadiran ibu dalam kehidupan kita memang luar biasa hebatnya. Ia merupakan sosok yang mengajarkan kita dari bayi bahkan hingga besar.

Liputan6.com, New York- Kehadiran ibu dalam kehidupan kita memang luar biasa hebatnya. Ia merupakan sosok yang mengajarkan kita dari bayi bahkan hingga besar. Ia juga yang membuat kita merasa aman dan nyaman dalam segala suasana. 

Ada banyak kehebatan ibu dalam kehidupan kita lainnya. Namun studi mengungkap paling tidak lima kehebatan ibu dalam membuat kita bahagia, melansir laman Huffington Post, Minggu (11/6/2017).

1. Ibu bisa menenangkan kita

Saat sedang bingung atau gundah gulana, cobalah berbicara hal apa saja dengan ibu. Menurut studi di 2010, hanya berbicara beberapa menit di telepon dengan ibu bisa mengurangi stres.

Hal tersebut bisa terjadi karena dengan mendengarkan suara ibu, tubuh melepaskan hormon yang membuat kita bahagia, oksitosin. Sehingga hanya berbicara dengan ibu, manfaatnya mirip dengan dipeluk ibu.

2. Memiliki pengaruh terhadap pengembangan otak kita

Bisa jadi kepintaran yang Anda miliki sama seperti ayah. Namun riset menunjukkan rasa cinta dan perilaku ibu yang pada dasarnya merawat anak-anaknya berkontribusi memperbesar ukuran hipokampus. Ini adalah area di otak yang bertanggungjawab untuk belajar, ingatan, dan merespons stres.

3. Buat kita tertawa

Suka marah-marah sebagian ibu seperti itu. Tapi Anda juga pasti pernah menyadari ibu juga paling pintar membuat kita tertawa lagi saat sedih atau menangis. Tertawa sendiri bisa menurunkan tingkat stres serta menangkal aneka penyakit.

4. Kehadiran ibu pengaruhi kita dalam hubungan romantis di masa dewasa

Seberapa baik hubungan kita berinteraksi dengan ibu di masa kecil hingga remaja memiliki pengaruh potensial dalam hubungan romantis anak di masa depan. Semakin dekat ibu dengan anaknya di masa remaja, semakin baik kualitas hubungan romantis anak saat dewasa.

5. Bisa jadi sahabat

Siapa yang mau mendengarkan curhat kita dalam secara lengkap tanpa jenuh? Ya, ibu salah satunya. Dia bahkan selalu ada ketika dibutuhkan. Dan studi menunjukkan kehadiran sahabat dalam kehidupan kita lagi-lagi bisa menurunkan stres.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.