Sukses

Efektifkah Cuci Sayuran dengan Air untuk Hilangkan Pestisida?

Untuk menghilangkan residu pestisida pada sayuran memang tidak mudah.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghilangkan residu pestisida pada sayuran memang tidak mudah. Tergantung jenis pestisida dan jenis makanan yang disemprotkan pembasmi hama tersebut.

Lantaran bahaya pestisida yang menyebabkan gangguan metabolisme hingga kanker, bisakah sayuran dibersihkan hanya dengan air bersih?

Konsultan sebuah perkebunan organik di kawasan Bogor, Jawa Barat, BSPFarm, YPSudaryanto mengatakan, pada beberapa sayuran tertentu yang menggunakan pestisida kontak bisa dibersihkan dengan air bersih yang mengalir. Namun bagi sayuran yang terpapar pestisida sistemik agak sulit. 

"Fungisida (jenis pestisida) kontak yang disemprot atau hanya mengenai bagian terluar sayur masih bisa dicuci. Tapi yang sulit ini sistemik karena cara kerjanya sampai meresap ke akar," ujarnya pada wartawan saat melakukan kunjungan bersama tim pasar online pangan organik Kecipir.com di Kampung Loji, Desa Pasir Jaya, Cigombong, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (25/4/2016).

Daryanto menyontohkan, sayuran yang bisa dibersihkan dengan air misalnya sawi, tomat, dan sayuran lain yang muncul ke permukaan tanah. Sedangkan yang rentan menyerap banyak pestisida seperti bawang merah, bawang putih, bit, wortel, kol sehingga bisa merusak kesehatan.

"Kalau kita mau sehat, makanan juga harus dijaga karena saya percaya ada keterkaitan antara makanan sehat dengan intelegensia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini