Sukses

Gelang Tantangan 21 Hari Tanpa Ponsel

Percobaan ini mulai dilaksanakan pada 12 April.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini foto sebuah gelang yang bertuliskan "Cell Phone Ninja" dalam huruf kanji menjadi viral di media sosial Weibo.

Gelang karet itu sebetulnya merupakan eksperimen yang dilakukan oleh Chongqing Three Gorges University yang menantang para siswa untuk tidak menggunakan ponsel di kelas selama 21 hari.

Percobaan ini mulai dilaksanakan pada 12 April. Setiap siswa yang jadi relawan menerima gelang. Mereka diminta untuk mengunggah foto gelang tersebut sebelum dan saat jam pulang sekolah setiap hari melalui akun Wechat umum di sekolah sebagai tanda mereka tak menggunakan ponsel, dilansir dari laman en.people, Senin (25/4/2016).

Sekitar 800 siswa mendaftar sebagai relawan untuk percobaan itu, tapi hanya 400 siswa yang terpilih. Setelah tujuh hari hanya 103 siswa yang tetap bertahan.

Eksperimen ini dijalankan selama 21 hari karena menurut ilmu psikologi 21 hari adalah waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Menurut para guru yang memantau kebiasaan itu, tak ada hadiah atau hukuman bagi yang ikut serta dalam eksperimen ini. Semua kembali kepada keputusan para murid. Para guru berharap siswa-siswa tersebut bisa memiliki kebiasaan belajar yang lebih baik melalui kebiasaan seperti ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini