Sukses

Tak Perlu Panik, Atasi Ruam Kulit Bayi dengan Langkah Ini

Liputan6.com, Jakarta Kulit bayi yang begitu lembut rentan akan ruam, benjolan, atau alergi akan sesuatu hal. Umumnya ruam yang terjadi berasal dari penggunaan popok yang terlalu lembab atau berbahan tak cocok dengan kulit si kecil.

Ruam yang terjadi terlihat mengkhawatirkan bahkan tak sedikit bayi yang merasa terganggu dengan rasa perih atau gatal. Seperti dkutip laman Modernmom, ditulis Rabu (6/4/2016) mengatasi ruam yang terjadi pada kulit si kecil dapat dilakukan dengan langkah berikut.

- Ruam pada kulit kepala

Cradel cab atau dermatitis seborhoik umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir di mana pengerasan kulit kepala yang menyerupai kerak akan bermunculan pada kepala si kecil. Untuk mengatasinya teteskan beberaoa minyak mineral pada kulit kepala, lalu menyikatnya dengan sikat berbulu lembut.

- Ruam popok

Ruam di area bokong atau paha sang bayi biasanya berasal dari popok. Bentuk ruam pun dapat nampak seperti jerawat merah atau lecet di area bokong hingga alat kelamin. Jika kondisi ini terjadi pada bayi Anda hindarilah penggunaan tisu, sebab dapat menyebabkan peradangan bertambah parah.

Sebaliknya, bersihkan area dengan kain lap berbahan lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.

- Kulit yang kering dan gatal

Mengobati kondisi kulit bayi seperti ini dapat digunakan dengan krim atau salep khusus yang tak mengandung wewangian.

Kondisi kulit kering yang gatal memungkinkan kulit berubah menjadi merah bahkan seperti kerak yang dapat berubah menjadi basah menyerupai cairan yang keluar dari permukaan kulit tersebut. Jika kondisi semakin parah tindakan medis perlu dilakukan agar anak mendapatkan krim yang tepat.

- Ruam akibat pakaian

Kondisi ini biasanya terjadi akibat alergi yang berasal dari bahan pakaian yang tak cocok dengan kulit si kecil.

Ruam akan muncul menyerupai benjolan putih atau merah pada kulit tapi biasanya kondisi tersebut tidak terjadi dalam waktu panjang. Anda dapat mengontrol ruam tersebut dengan menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun.