Sukses

Hati-hati Stres Bisa Akibatkan Ruam Kulit!

Rasa gatal pada kulit yang mengakibatkan permukaan kulit seperti bengkak atau ruam ternyata dapat terjadi akibat kondisi stres

Liputan6.com, Jakarta Umumnya rasa gatal atau ruam pada kulit berasal dari pengaruh udara atau alergi akan sesuatu hal. Tak hanya karena alergi, ruam pada kulit pun dapat terjadi akibat seseorang tengah mengalami stres.

Melansir laman superfoodsliving.com, ditulis Kamis (31/3/2016) kondisi stres dapat memberikan pengaruh terhadap seluruh bagian tubuh termasuk rambut dan kulit. Hal ini terjadi akibat saat stres melanda seseorang tubuh mengeluarkan hormon kortisol atau pun adrenalin ke dalam aliran darah, yang memicu kelenjar minyak mengeluarkan lebih banyak minyak pada kulit dan membuat kulit rentan.

Kondisi ini dikenal dengan Ruam Stres, yaitu gejala yang muncul di area tubuh seperti pada wajah, lengan, dan punggung. Bentuk ruam dari stres akan nampak memerah, bahkan mengeluarkan rasa gatal dan sensasi seperti terbakar.

Biasanya ruam dapat muncul dan menghilang dalam hitungan jam, seperti 8 hingga 12 jam. Namun, beberapa kasus kondisi ruam stres ini dapat berjalan hingga 6 sampai 12 minggu.

Ruam akibat stres ini tidak memandang usia dan jenis kelamin, namun orang berusia 30 hingga 50 tahun lebih rentan akan keadaan ini - diketahui pula ruam ini terjadi pada wanita.

Mengobati kondisi ruam ini tidak memerlukan banyak obat secara klinis yang berlebih. Dengan menggunakan krim hidrokortison dapat membantu menghilangkan ruam pada kulit dengan aman dan efektif. Langkah lain seperti mengompres air dingin pada area ruam atau gatal selama 10 menit dapat meredakan peradangan seketika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.