Sukses

Ini Bedanya Mata Rabun dan Katarak

Liputan6.com, Jakarta Mata adalah organ penting dalam tubuh yang membuat seseorang dapat melihat dengan jelas apa yang ada di sekelilingnya. Namun, mata seseorang terkadang tak selamanya sehat dan berfungsi dengan baik.

Ada banyak faktor yang dapat membuat mata mengalami masalah kesehatan seperti rabun atau pun katarak. Tahukah Anda apa perbedaan keduanya? Inilah 3 hal yang menjelaskan perbedaan rabun dan katarak pada mata, dikutip dari Glaucomafoundation.org, Kamis (31/3/2016):

Gejala

Rabun ditandai dengan tidak bisanya seseorang melihat dalam jarak yang jauh (rabun dekat) atau pun kesulitan melihat sesuatu dari jarak dekat (rabun jauh). Sedangkan katarak adalah adanya kabut atau selaput yang menutupi mata sehingga pandangan mata menjadi kabur atau kurang jelas.

Penyebab

Rabun biasanya disebabkan karena faktor keturunan maupun pengaruh lingkungan, sedangkan katarak disebabkan karena adanya benda asing yang lantas membuat lensa mata menjadi rusak. Katarak juga dapat timbul karena faktor usia. biasanya seseorang berusia lanjut menderita katarak pada salah satu bagian matanya, kemudian disusul dengan bagian mata lainnya.

Cara mengatasi

Rabun diatasi dengan pemakaian kacamata cekung atau pun cembung, sedangkan katarak dapat disembuhkan dengan cara operasi untuk mengangkat selaput yang menutupi mata.