Sukses

Ingin Tidur Nyenyak? Konsumsi Makanan Ini Saat Makan Malam

Bagi Anda yang sering sulit tidur, coba pilih menu makan malam kaya serat agar Anda tidur nyenyak malam ini.

Liputan6.com, New York- Jangan sembarangan memilih menu makan malam jika tidak ingin sulit tidur. Makanan yang dikonsumsi saat makan malam memengaruhi nyenyak atau tidaknya tidur Anda malam nanti.

Tak sulit sebenarnya meracik menu makan malam agar tidur nyenyak. Mengonsumsi makanan kaya serat bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak malam nanti. Misalnya saja mengonsumsi buah, sayur, kacang, biji-bijian seperti dikutip laman Time, Kamis (25/2/2016).

Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi makanan sedikit serat namun terlalu banyak gula dan tinggi lemak jenuh-- yang biasanya terdapat pada lemak daging merah dan produk susu-- bisa membuat tidur terganggu. Hal ini diungkapkan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine.

"Lewat penelitian ini kita jadi mengetahui diet berkualitas memengaruhi kualitas tidur," tutur salah satu peneliti dari Institute of Human Nutrition at Columbia University Medical Center, Amerika Serikat, Marie-Pierre St-Onge.

Hal ini diketahui lewat penelitian kecil terhadap 26 orang dengan berat badan normal yang menu makan malamnya dianalisis. Ketika mereka mengonsumsi banyak gula dan karbohidrat, tidur mereka jadi sering terbangun. Sementara yang banyak makan serat banyak yang tidur nyenyak.

Sayangya tidak disebutkan lebih lanjut alasan makanan kaya serat lebih mampu membuat tidur lebih nyenyak. Untuk memastikan kebenaran kesimpulan studi ini, peneliti mengatakan butuh studi lanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini