Sukses

1 dari 7 Orang Terkena Kanker Usus Sebelum Usia 50 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Individu di bawah usia 50 tahun biasanya tidak melakukan skrining kanker usus. Namun, potensi orang dewasa di bawah usia tersebut untuk terkena kanker juga ada.

Ada satu dari tujuh pasien dengan kanker usus di bawah 50 tahun berdasarkan data yang dipublikasikan dalam Jurnal Cancer. Pasien yang berusia muda terkena penyakit ini cenderung mendapatkan penyakit dalam stadium lanjut. 

Pada pasien dengan usia mudah diagnosis kanker biasanya ditemukan setelah ia mengalami anemia, buang air besar berdarah, dan penyumbatan usus seperti dikutip laman Time, Selasa (26/1/2016).

Studi ini dilakukan terhadap 260.000 pasien dengan kanker dari 1998 hingga 2001. Sekitar 15 persen pasien muda yang terkena kanker usus. Meski begitu, pasien muda ini cenderung bisa hidup lama karena mendapatkan pengobatan agresif seperti terapi radiasi dan operasi.

Berdasarkan temuan ini, pemimpin penelitian mengungkapkanbahwa studi ini sebaiknya dijadikan "wake up call" bagi komunitas medis. Untuk diketahui panduan skrining yang ada saat ini menyarankan seseorang yang berusia di atas 50 tahun untuk melakukan skrining usus.