Sukses

Dermawan dan Suka Menolong Orang Lain Ternyata Banyak Untungnya

Memberi bantuan tenaga dengan menjadi relawan atau memberikan donasi maupun hadiah kepada orang lain ternyata mampu meningkatkan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Memberi bantuan tenaga dengan menjadi relawan atau memberikan donasi maupun hadiah kepada orang lain ternyata mampu meningkatkan kesehatan. Salah satunya menurunkan tekanan darah.

Temuan ini didapatkan lewat studi terhadap 128 orang dewasa berusia 65-85 tahun. Mereka diberikan uang lalu ada yang untuk diberikan ke orang lain dan diri sendiri. Kemudian, diukur juga tekanan darah sebelum diberi uang dan setelah mengeluarkan uang tersebut. 

Setelah berjalan tiga minggu, peneliti menemukan orang tua yang memberikan uangnya untuk orang lain secara signifikan terjadi penurunan tekanan darah padahal sebelumnya termasu tekanan darah tinggi. Sementara bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi namun uang tersebut untuk diri sendiri tidak ditemukan perubahan.

Namun bagi orang tua yang tekanan darahnya normal tidak ada keuntungan dari memberikan uang tersebut ke orang lain seperti dikutip laman Daily Mail, Sabtu (2/1/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.