Sukses

Waspadai 6 Gejala Katarak Ini

Liputan6.com, Jakarta Dr Rajesh Mishra seorang Konsultan Katarak dan Glaukoma di Advanced Eye Hospital, Vashi mengatakan, mata katarak pada tahap awalnya hanya memiliki efek yang sedikit, disebabkan tergantung di mana letak katarak itu sendiri.

Melakukan pencegahan sebelum katarak memasuki tahap lanjut menjadi hal yang penting, seperti dikutip dari The Health Site. Ditulis Minggu (20/12/2015), ada beberapa gejala katarak yang dapat dirasakan seseorang, sebagai berikut:

1. Pengelihatan tak fokus. Saat melihat suatu obyek atau benda, pengelihatan cenderung kabur dan warna
lensa mata berubah menjadi abu-abu atau tidak jernih.

2. Pengelihatan remang-remang. Hal ini dapat mempengaruhi katarak pada mata, di mana pengelihatan
menjadi dua kali lebih remang/ blur. Saat melihat sinar yang berasal dari lampu, di satu kasus banyak orang mengalami pengelihatan ganda.

3. Lebih sensitif terhadap sinar terang. Jika Anda mengalami kepekaan terhadap cahaya disertai dengan pengelihatan yang remang (tidak jelas) segeralah melakukan tes katarak, karena dua gejala yang muncul secara bersamaan ini pertanda katarak pada mata.

4. Warna memudar. Mata dengan katarak akan mengalami pengelihatan pada warna kian memudar. Setiap warna yang dipandang berubah menjadi lebih pudar atau tak seterang aslinya.

5. Kesulitan membaca. Gejala pada katarak juga menyebabkan kesulitan saat membaca koran atau buku yang berwarna hitam-putih.

6. Kesulitan mengemudi di malam hari. Pada gejala mata katarak saat mengemudi kendaraan di malam hari, pengelihatan akan semakin kabur dan lampu kendaraan yang melaju akan jauh lebih silau dari biasanya.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, berkonsultasilah dengan dokter ahli mata untuk segera mendapatkan pengobatan.