Sukses

Pentingnya Imunisasi Hepatitis A

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda berada di lingkungan yang sebagian besar penduduknya terjangkit virus Hepatitis A, maka Anda harus segera antisipasi agar tubuh Anda tidak terjangkit virus serupa.

Jika Anda merencanakan untuk melakukan perjalanan atau tinggal dilingkungan yang rawan terhadap Hepatitis A, satu-satunya cara pencegahan terhadap infeksi hepatitis adalah dengan mendapatkan suntikan "immune globulin", suntikan ini harus diulang bila Anda berada di lingkungan tersebut dalam kurun waktu 4 hingga 6 bulan.

Saat ini telah ada vaksinasi Hepatitis A yang aman dan efektif yaitu Havrix, yang memberikan kekebalan abadi. Dibutuhkan tiga kali suntikan agar kebal dari virus. Suntikan pertama harus berjeda dua hingga empat minggu sebelum individu mendapat suntikan berikutnya. Sedangkan suntikan terakhir diberikan 6 sampai 12 bulan setelah suntikan kedua,menurut William Sievert dan kawan-kawan dalam buku The Hepatitis Alphabet, dikutip Health-Liputan6.com, Selasa (15/12/2015).

Mereka yang kemungkinan besar membutuhkan vaksinasi tersebut adalah individu yang berpergian ke daerah-daerah yang terjangkit Hepatitis A tinggi. Serta mereka yang bekerja di pusat-pusat penitipan anak atau lembaga-lembaga yang berhubungan dekat dengan orang yang terinfeksi hepatitis A.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS