Sukses

Rahasia Umur Panjang, Bukan Cuma Sekadar Doa

Ini rahasia umur panjang bagi lansia.

Liputan6.com, Jakarta Doa diberi umur panjang kerap kita ucapkan ke orangtua ketika mereka berulang tahun. Tidak ketinggalan, kue tart berhiaskan lilin juga sering kita berikan ke mereka.

Namun, jika ingin umur orangtua panjang dengan kondisi fisik yang sehat, sebaiknya jangan beri kue melainkan ajak mereka bergerak. Setidaknya selama tiga menit setiap hari.

"Kalau dibilang menyiksa, bilang sama mereka itu bukti sayang kita ke mereka. Kita ingin mereka umur panjang, dan terus sehat. Melakukan aktivitas fisik yang rutin adalah kuncinya," kata Spesialis penyakit dalam Simon Salim, MKes dalam diskusi `Brrrgerak 30` di Kembang Goela, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Simon menjelaskan, berjalan cepat atau berolahraga dengan intesitas sedang selama 30 menit, 5 kali seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 19 persen atau hampir seperlima kali lebih rendah.

"Bila kebugaran kita cukup baik, setidaknya kita bisa melakukan jalan cepat (kurang lebih 100 langkah per menit) selama 30 menit, yang dapat memberi kita tambahan 3000-4000 langkah. Usahakan mencapai target minimal 10 ribu langkah per hari," kata Simon menekankan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.