Sukses

Risiko yang Bakal Dihadapi Jika Salah Pilih Bantal

Anda tidak boleh salah dalam memilih bantal. Jika salah memilih, Anda berisiko mengalami leher yang miring sebelah

Liputan6.com, Jakarta Sebaiknya Anda berhati-hati ketika memilih bantal yang akan digunakan untuk alas kepala setiap hari. Salah-salah, leher Anda bisa miring sebelah (wry neck) begitu bangun di pagi hari.

Osteopati dan Fisioterapis dari Croydon Physio, Tim Allerdayce menyebut, jika Anda menggunakan bantal yang salah dan tidak sesuai dengan ukuran yang dapat mendukung leher dan kepala, Anda akan bangun dengan kondisi kepala tegang, kesemutan, atau leher miring sebelah itu.

Wry neck atau leher miring sebelah dapat terjadi karena sendi mengalami peradangan yang membuat otot-otot leher jadi kejang sehingga kepala sulit diputar.

"Ketika Anda berbaring di tempat tidur, bantal yang ideal harus mendukung ukuran kepala Anda. Sehingga kepala, leher, dan tulang belakang merasa nyaman," kata Tim dikutip dari situs Daily Mail, Senin (26/10/2015).

Menurut dia, tidur yang baik jika kepala didukung dengan bantal yang tebal atau dua ukuran normal dengan tekstur yang relatif kuat. "Dan tentu dapat mengisi kesenjangan antara telinga dan tepi bahu Anda," kata dia melanjutkan.

Lebih lanjut, jika bantal yang digunakan terlalu besar, dagu mungkin jatuh ke depan yang membuat Anda sulit bernapas, dan membuat Anda mendengkur. Jadi, hati-hati dalam memilih bantal yang akan digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.