Sukses

7 Manfaat Kulit Jeruk

Liputan6.com, Jakarta Jeruk tak hanya lezat dan kaya vitamin, melainkan juga memiliki banyak manfaat. Kulit jeruk misalnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Berikut manfaat kulit jeruk seperti dilansir laman Healthyfoodteam, Senin (19/10/2015):

1. Kecantikan kulit

Jika ingin mendapatkan kulit yang berkilau, gunakan kulit jeruk sebagai spons. Anda bisa meletakkan kulit jeruk ke dalam kain kasa.

Menggunakan kulit jeruk adalah salah satu cara efektif dan mudah untuk mendapatkan kulit halus dan cerah.

2. Menghalau serangga

Letakkan kulit jeruk di dekat jendela maka serangga akan menjauh dari tempat itu. Kulit jeruk memiliki elemen yang tidak disukai serangga jenis nyamuk dan ngengat.

3. Menghilangkan bau

Letakkan kulit jeruk dalam sepatu. Anda juga bisa meletakkannnya di tempat lain yang mempunyai bau menyengat.

4. Membersihkan

Masukkan campuran kulit jeruk dan cuka ke dalam stoples dan beri tutup. Biarkan stoples di dalam pendingin selama berminggu-minggu dan sesekali aduk isinya. Ketika campuran ini telah siap, letakkan dalam botol spray dan gunakan sebagai pembersih lantai dan jendela.

5. Membersihkan kotoran air

Jika merasa terganggu dengan air yang tampak kotor, gunakan bagian dalam kulit jeruk untuk membersihkannya.

6. Menyegarkan interior

Kupasan kulit jeruk memiliki aroma yang segar dan bisa digunakan untuk menyegarkan ruangan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengeringkan kulit jeruk dengan oven. Kumpulkan lalu letakkan dalam wadah kantong kain. Anda bisa meletakkan kantong-kantong ini di toilet, kamar, atau kamar mandi.

7. Lilin

Iris jeruk menjadi dua bagian. Pastikan Anda mengupasnya dengan bentuk setengah lingkaran. Bubuhi minyak ke dalamnya dan nyalakan dengan api. Lilin alami Anda siap menerangi ruangan.